Macam-macam Penyakit Pada Telinga

By Categories : Penyakit

Telinga merupakan salah satu indera manusia yang sangat sensitif dan mudah terserang oleh penyakit. Oleh karena itu sangat penting mengetahui cara membersihkan telinga dan juga macam-macam penyakit pada telinga. Hal ini berguna ketika terserang salah satu penyakit telinga, Anda dapat memberikan pertolongan pertama pada telinga, sehingga rasa sakit yang dirasakan tidak berkelanjutan. Beberapa penyakit yang menyerang telinga dapat menyebabkan ketulian sebagian bahkan ketulian total atau permanen. Berikut adalah macam-macam penyakit pada telinga yang wajib Anda ketahui.

penyakit pada telinga

Beberapa penyakit pada telinga

Othematoma

Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit bunga kol, penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetis. Penderita penyakit othematoma tidak memiliki aurikel dan kanal auditori sejak lahir. Penyakit pada telinga yang satu ini ditandai dengan adanya gangguan tulang rawan pada daun telinga dan biasanya disertai pendarahan. Akibat munculnya jaringan yang berlebih pada daun telinga, othematoma menyebabkan bentuk telinga penderita ikut mengalami perubahan.

Neuroma akustikus

Yang kedua adalah neuroma akustikus, ini adalah penyakit tumor yang menyerang sarap penghubung telinga dengan otak. Gejala awal seseorang yang mengalami penyakit neuroma akustikus adalah gangguan pendengaran, telinga berdengung dan juga hilangnya keseimbangan karena penyakit ini juga menyerang otak.

Meniere

Penyakit pada telinga selanjutnya adalah meniere. Meniere merupakan penyakit pada telinnga yang menyerang bagian dalam alat indera ini. Hal ini terjadi karena kantung endolimfatikus mengalami pembengkakan akibat penumpukan cairan yang ada di dalam telinga. Gejala awal yang perlu Anda waspadai adalah tinnitus atau telinga berdengung, gangguan pendengaran serta kepala terasa pusing. Biasanya penyakit ini hanya menyerang satu telinga saja, namun tidak menutup kemungkinan jika kedua telinga juga dapat terserang meniere.

Perikondritis

Perikondritis sebenarnya hampir sama dengan othematoma yaitu penyakit talinga yang menyerang tulang rawan telinga. Namun yang membedakan adalah othematoma disebabkan oleh genetis sedangkan perikondritis disebabkan oleh adanya infeksi. Infeksi tersebut dapat disebabkan karena bisul yang pecah di telinga, luka ataupun gigitan serangga. Penyakit ini biasanya disertai dengan keluarnya nanah dan juga pendarahan di telinga penderita.

Labirintitis

Penyakit pada telinga berikutnya adalah labirinitits. Faktor utama dari penyakit ini adalah gegar otak, alergi dan juga infeksi. Beberapa gejala yang mungkin ditimbulkan akibat penyakit ini adalah vertigo, mual, muntah, pendengaran berjurang dan juga telinga berdengung.

Otitis media

Otitis media adalah penyakit yang menyebabkan telinga bagian tengah mengalami peradangan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh adanya infeksi disaluran pernapasan seperti di tenggorokan. Virus dan bakteri penyebab infeksi tersebut akan menyebar dan melewati saluran eustachius. Sehingga hal ini akan menyebabkan gangguan berupa peradangan, pembengkakan saluran hingga gangguan pendengaran.

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam penyakit pada telinga. Baca juga artikel mengenai Tips membersihkan telinga yang aman.

penyakit telinga - kelainan pada telinga - penyakit pada telinga - gangguan pada telinga - kelainan telinga - macam macam penyakit telinga - kelainan pada telinga dan penjelasannya - kelainan dan penyakit pada telinga - kelainan penyakit pada telinga - Penyakit Dan Kelainan Pada Telinga - kelainan pada indra pendengaran - penyakit pada indera pendengaran - penyakit telinga dan pencegahannya - gangguan dan kelainan pada telinga - gangguan dan kelainan pada telinga beserta cara menanggulanginya -