Macam-macam Penyakit Pada Tulang

By Categories : Penyakit

Tulang tulang merupakan salah satu alat vital tubuh yang berfungsi sebagai pembentuk tubuh serta merupakan alat gerak passit bagi tubuh. Jika seseorang mengalami salah satu penyakit pada tulang tentu saja ini akan membuat tulang mengalami disfungsi, seperti tidak dapat berjalan dengan tegap ataupun tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Tak hanya itu saja, selain sebagai alat gerak tulang juga berfungsi untuk melindungi organ vital lainnya seperti tulang tengkorak yang berfungsi untuk melindungi otak serta tulang rusuk yang berfungsi untuk melindungi jantung dan paru-paru.

Macam-macam Penyakit Pada Tulang

Pada umumnya penyakit pada tulang tidak dapat terdeteksi sebelum pada tingkat akut, saat terdeteksi penyakit tulang tersebut sudah berada pada tahap lanjut. Oleh karena itu menjaga kesehatan tulang sangat penting untuk mencegah penyakit pada tulang berikut ini.

Berikut adalah macam-macam penyakit pada tulang

Osteoporosis

Penyakit yang pertama adalah osteoporosis. Hampir setiap orang sudah mengetahui penyakit ini. Osteoporosis atau yang disebut dengan pengeroposan tulang biasanya disebabkan oleh kekurangan kalsium pada tulang, sehingga ini menyebabkan kekuatan tulang menurun dan akan terasa sakit saat digunakan untuk bergerak. Namun Anda jangan khawatir, penyakit ini dapat dicegah dengan cara melakukan olahraga secara teratur serta mengonsumsi makanan kaya kalsium tinggi.

Rickets

Yang kedua adalah rickets. Berbeda dengan osteoporosis, ricket merupakan penyakit tulang yang terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi kalsium. Penyakit ini biasanya diderita oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Penumpukan kalsium tersebut menyebabkan kelainan tulang yang menyebabkan tulang menjadi membesar. Selain penumpukan kalsium, rickets juga dapat disebabkan karena terkena radiasi sinar matahari.

Layuh semu

Penyakit pada tulang selanjutnya adalah layuh semu. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyebabkan kaki dan tangan menjadi lemas dan tidak dapat difungsikan dengan baik. Layuh semu disebabkan karena infeksi sifilis dan berdampak buruk pada susunan cakra epifis. Oleh karena itu sebelum menikah pastikan Anda melakukan tes kesehatan, karena infeksi penyakit kelamin tersebut dapat menular lewat berhubungan intim dan dapat diturunkan kepada janin saat Anda hamil.

Kanker tulang

Selain kanker serviks, kanker darah dan lainnya, tulang juga dapat terserang oleh kanker. Kanker tulang disebabkan adanya pertumbuhan tidak normal pada sel tulang, sifatnya yang patogen tentu saja ini sangat membahayakan. Penyakit pada tulang yang satu ini biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri yang berulang dari waktu ke waktu.

Rakhitis

Penyebab utama dari penyakit ini adalah kurangnya asupan vitamin D serta kalsium. Rakhitis menyebabkan tulang kaki seseorang yang mengalami penyakit ini akan bengkok membentuk huruf O atau X. Untuk pencegahannya adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, kalsium ataupun berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari.

Nah itulah beberapa penyakit pada tulang yang harus Anda waspadai.

Loading...
penyakit pada tulang - penyakit tulang - macam macam gangguan pada tulang - kelainan kelainan pada tulang ciri cirinya penyebabnya cara mencegahnya - 10 jenis penyakit tulang dan penyebab dan Cara pencegahannya - cari 10 macam penyakit tulang - Nama penyakit pada tulang/rangka dan cara mengatasinya - macam-macam penyakit tulang dan gambarnya - macam macam penyakit pada tulang - Apa saja kelainan tulang - penyakit pada tulang manusia dan cara mengatasinya - Penyakit dan kelainan pada tulang - macam macam penyakit tulang - 10 kelainan pada tulang - contoh gangguan pda tulang beserta ciri ciri penyebab dan cara mencegahny -