Mainan Bayi 6 Bulan yang Tepat untuk Meningkatkan Perkembangan Anak

By Categories : Kesehatan

Mainan bayi 6 bulan sangat penting diberikan. Sebab tak hanya berguna untuk menghibur si kecil saja, mainan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak anak Anda. Nah bagi buah hati Anda yang berusia 6 bulan atau lebih, silahkan simak ulasan berikut ini karena akan menjelaskan mengenai mainan terbaik untuk bayi usia 6 bulan.

Mengajak si kecil bermain adalah salah satu aktivitas yang tak pernah dilewatkan oleh para orang tua. Sebab tak hanya menyenangkan, bermain bersama si kecil juga dapat membuat ikatan batin antara bayi dan orang tua menjadi semakin erat. Saat bermain, pastinya tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan mainan. Namun perlu diketahui mainan yang digunakan pun tidak asal-asalan.

Mainan yang diberikan harus disesuaikan dengan usia bayi. Sebab bukan tanpa alasan, mainan tersebut juga dapat digunakan sebagai stimulasi untuk meningkatkan perkembangan dan tumbuh kembang bayi. Sebelum membahas mengenai mainan yang tepat untuk bayi usia 6 bulan, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 6 bulan.

Mengetahui hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk memilih mainan yang tepat. Perlu diketahui pula, pada usia 6 bulan, bayi akan tertarik dengan suara-suara. Selain itu bayi juga senang memindahkan mainan dari tangan satu ke tangan lainnya. Lalu apa saja mainan yang tepat diberikan untuk bayi usia 6 bulan? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.mainan-bayi-6-bulan

Daftar Mainan Bayi 6 Bulan yang Tepat

Dalam memilih mainan, keamanan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Keamanan dari mainan sendiri bisa dilihat dari segi bahan, ukuran, tekstur dan kekuatan mainan. Untuk mainan yang mengeluarkan suara, pastikan Anda menghindari memilih mainan yang memiliki suara yang terlalu keras karena dapat menganggu pendengarannya.

Bayi usia 6 bulan juga tertarik dengan bayangan dirinya di cermin. Oleh karena itu, jika dirasa bayi sudah bosan bermain dengan mainan yang ia miliki tak ada salahnya untuk menggendongnya dan membawanya di depan kaca.

Baca juga inilah pertumbuhan perkembangan bayi 6 bulan yang normal

Kotak Musik

Yang pertama adalah kotak musik. Bayi usia 6 bulan akan tertarik dengan suara-suara musik. Sehingga memberikannya kotak musik ataupun permainan yang dapat mengeluarkan musik atau bunyi adalah pilihan yang tepat. Mainan yang satu ini dapat berupa orang-orangan, tokoh kartun hingga binatang.

Cara memainkannya pun sangat mudah, Anda bisa menyembunyikan mainan tersebut dari hadapan si kecil lalu putarlah alunan musiknya hingga terdengar. Biarkan bayi Anda mencari di mana musik tersebut berasal. Jika bayi menoleh ke arah suara, tunjukkan kotak musik tersebut dan berilah ia pujian karena bisa menebak asal suara musik tersebut.

Atau Anda bisa menggantungkan mainan musik di atas tempat tidur bayi, dengan begitu si kecil bisa memperhatikan mainan tersebut dan mendengarkan suaranya. Mainan musik ini bisa meningkatkan pendengaran dan daya melihat kecil serta dapat membantunya untuk merangkaikan koneksi saraf yang ada di dalam otak.

Rattle

Mainan bay 6 bulan selanjutnya adalah rattle. Kata rattle pastinya cukup asing di telinga kita. Namun tahukah Anda icik-icik? Ya rattle juga disebut dengan icik-icik. Sama seperti mainan yang pertama, mainan yang satu ini juga dapat menghasilkan bunyi yang menarik.

Namun yang membedakan adalah mainan ini dimainkan dengan cara menggoyang-goyangkannya. Sehingga mainan rattle dapat melatih tangan si kecil untuk menggenggam suatu barang. Pastikan Anda memilih mainan yang memiliki warna mencolok dan bentuk yang menarik untuk menarik perhatian si kecil.

Senter Mini

Bayi yang berusia 6 bulan juga tertarik terhadap cahaya. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk memberikannya mainan lampu atau senter mini. Cara memainkannya pun sangat mudah, Anda bisa menyalakannya lalu menyorotkannya ke segala arah. Si kecil tentu saja akan mengikuti arah cahaya tersebut. Mainan ini juga memiliki banyak sekali manfaat mulai dari mengasah visual si kecil hingga dapat mengenalkan bayi pada aneka warna.

Alat Musik

Kotak musik dan alat musik tentu saja berbeda. Anda juga bisa memberikannya kedua mainan tersebut. untuk alat musik, Anda bisa memilih beberapa diantaranya seperti piano, drum mini dan lainnya. Alat musik berguna untuk menstimulasi gerakan motorik halusnya. Bermain alat musik yang dapat menghasilkan suara juga dapat membuat bayi Anda mengenal sumber-sumber bunyi.

Boneka Tangan

Meskipun merupakan salah satu mainan jadul, namun boneka tangan terbukti mampu digunakan untuk merangsang komunikasi anak. Caranya, Anda bisa mengajak si kecil komunikasi dengan bantuan boneka tangan dengan karakter kartun yang menarik. Selain itu, jangan lupa memilih boneka tangan dengan beraneka warna untuk menarik perhatiannya.

Baca juga makanan pendamping ASI untuk anak usia 6 bulan

Nah itulah beberapa mainan bayi 6 bulan yang tepat yang bisa digunakan untuk merangsang perkembangan bayi usia 6 bulan.

loading...
Punggung gatal pada bayi 6 bulan -