Makanan dan Minuman Penyebab Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai

By Categories : Kesehatan

Darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi tekanan darah seseorang diatas normal. Darah tinggi sendiri merupakan penyakit yang dapat memicu terjadinya penyakit lain, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal dan lainnya. Umumnya ada beberapa penyebab tekanan darah tinggi yang perlu diketahui, seperti keturunan, pola hidup yang tidak sehat, jarang berolahraga dan makanan yang mengandung garam berlebih.

Penyebab Darah Tinggi

Bagi  yang memiliki keluarga dengan riwayat hipertensi, sebaiknya Anda berhati-hati karena bisa saja Anda pun terserang penyakit yang sama. Salah satu cara mencegah penyakit ini adalah dengan cara menghindari makanan dan minuman penyebab darah tinggi. Lalu apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut ulasannya.

Makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi naik

Kulit ayam

Kulit ayam merupakan salah satu makanan favorit bagi setiap orang karena memiliki rasa yang enak. Namun tahukah Anda, kulit ayam ternyata mengandung banyak minyak jenuh. Seperti yang Anda ketahui minyak jenuh merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Selain itu, kulit ayam yang digoreng mengandung kolesterol jahat yang dapat memicu penyakit lainnya, seperti penyakit jantung koroner.

Makanan yang tinggi sodium

Yang kedua adalah makanan yang tinggi akan sodium. The Dietary Guidelines for Americans menyatakan bahwa seseorang yang menderita tekanan darah tinggi harus membatai asupan sodium atau garam sekitar 1.500 mg dalam setiap harinya. Karena jika berlebih dalam mengonsumsi garam dapat menyebabkan tekanan darah naik.

Kopi dan minuman bersoda

Penyebab darah tinggi selanjutnya adalah kopi dan minuman bersoda. Selain sodium dan gula, kafein dari kopi dan minuman bersoda juga dapat menyebabkan penyakit ini semakin parah. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari kedua mnuman ini. Selain itu, minuman bersoda juga kaya akan gula yang dapat memicu penyakit diabetes atau kencing manis.

Sayur dan buah kalengan

Berikutnya adalah sayur dan buah kalengan. Sayur dan buah kalengan tentu aja mengandung bahan pengawet, sodium yang tinggi dan zat lainnya. jika dikonsumsi secara terus menerus hal ini juga dapat membuat tekanan darah semakin naik dan tinggi. Meskipun Anda memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri untuk memilih buah dan sayur yang segar dan baik.

Daging merah

Berbeda dengan seseorang yang mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi, seseorang yang mengalami hipertensi sebaiknya menghindari makanan yang satu ini. Beberapa daging merah yang perlu dihindari adalah daging sapi, daging kambing dan juga domba. Mengurangi dan menghindari daging merah dapat membantu tubuh untuk mengontrol dan menstabilkan tekanan darah.

Daging atau ayam beku

Berikutnya adalah daging atau ayam beku. Memilih dan membeli daging atau ayam buku yang sudah berbumbu memang praktis. Namun tahukah Anda dalam daging atau ayam beku yang sudah dikemas terdapat setidaknya 800 miligram sodium.

Demikianlah ulasan mengenai makanan dan minuman penyebab darah tinggi yang perlu diwaspadai.