Makanan Pembentuk Otot bagi Vegetarian yang Tepat

By Categories : Kesehatan

Makanan pembentuk otot adalah makanan yang paling banyak dicari oleh banyak orang yang ingin memiliki otot tubuh yang indah dan atletis, tak terkecuali dengan vegetarian. Meskipun tidak disarankan mengonsumsi daging, namun para vegetarian juga bisa memiliki otot tubuh yang indah. Bagi Anda yang merupakan vegetarian dan ingin memiliki otot tubuh, simak ulasan berikut ini.

Dalam membangun otot, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Selain melakukan latihan fisik secara rutin Anda juga membutuhkan nutrisi dan gizi yang tepat. Seperti yang kita ketahui, membangun otot pada umumnya membantuk otot tidak hanya berhubungan dengan penampilan yang menarik, namun hal ini juga sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh.

Perlu diketahui seseorang yang memiliki massa otot yang lebih banyak dibandingkan dengan massa lemak tubuh terbukti menurunkan risiko berbagai macam penyakit yang berbahaya, seperti jantung, diabetes, kolesterol tinggi, stroke dan lainnya. Oleh karena itu, salah satu cara paling ampuh untuk mencegah beberapa penyakit tersebut adalah dengan membentuk massa ototnya.

Protein merupakan nutrisi yang paling dianjurkan dikonsumsi untuk membentuk otot. Beberapa jenis makanan yang mengandung kadar protein tinggi adalah daging merah, daging ayam, ikan dan juga telur. Para vegetarian pastinya akan menjauhi makanan tersebut dan memilih mengonsumsi protein nabati. Namun Anda tak perlu khawatir, berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk membentuk otot bagi para vegetarian.

Daftar Makanan Pembentuk Otot yang Tepat bagi Para Vegetarianmakanan pembentuk otot

Sayuran Hijau

Yang pertama adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau. Pakar nutrisi Carolyn Brown menyatakan bahwa untuk membangun otot menjadi lebih optimal, mengonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi sangatlah penting. Selain kaya gizi dan nutrisi sayuran hijau juga kaya protein yang dapat membantu untuk membentuk otot. Dalam dua cangkir kale mengandung 4 gram protein.

Meski jumlahnya tidak sebanyak yang ada pada daging, mengonsumsi sayuran secara teratur pada pagi, siang dan malam hari dapat membuat tubuh untuk mencukupi asupan protein 15 gram dalam setiap harinya.

Baca juga cara membentuk otot perut dengan cepat dan sehat

Roti Gandum

Yang kedua adalah roti gandum. Roti berbahan gandum merupakan salah satu makanan yang dapat membantu membentuk otot tubuh Anda. Karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya merupakan sumber energi dan serat yang baik. Roti gandum dan dengan selai kacang merupakan menu sarapan terbaik yang dapat Anda konsumsi dalam setiap harinya.

Kacang

Seorang vegetarian pastinya tak akan mendapatkan asupan kalsium dari produk olahan susu. Namun Anda tak perlu khawatir, Anda masih tetap bisa memperolehnya dari kacang tanah, pistachio dan juga kacang almond. Susu kacang almond saat ini juga banyak dimanfaatkan setiap orang untuk mendukung program penurunan berat badan. Selain kaya kalsium, kacang-kacangan tersebut juga kaya protein dan lemak baik bagi tubuh.

Kentang

Kandungan karbohidrat kompleks pada kentang juga sangat baik dikonsumsi oleh para vegetarian. Makanan pembentuk otot yang satu ini sebaiknya dinikmati dalam bentuk kukuran atau rebusan agar kandungan gizi di dalamnya tetap utuh dan tentunya tidak mengandung kalori yang tinggi. Selain itu, kentang juga kaya akan kalium yang sangat ampuh untuk mencegah kram otot.

Brokoli

Berikutnya adalah brokoli. Sama seperti sayuran hijau lainnya, brokoli juga kaya akan gizi dan nutrisi salah satunya yaitu kaya akan protein. Dalam dua cangkir brokoli, mengandung 5 gram protein. Kandungan protein tersebut tentu saja cukup untuk membentuk otot dalam tubuh jika mengonsumsinya secara rutin.

Biji Chia

Tak hanya kaya akan protein, biji chia juga mengandung lemak baik dan omega 3. Agar otot tubuh dapat terbentuk, Anda bisa menambahkan biji chia pada puding ataupun yoghurt yang akan dikonsumsi.

Tahu

Selain tempe, tahu juga sumber protein tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk otot. Sama seperti kentang, dalam mengonsumsi tahu sebaiknya dalam bentuk kukusan ataupun rebusan. Untuk menambah selera makan, tak apa jika menambahkan sambal pedas ketika menikmatinya.

Keju

Keju merupakan makanan yang bisa Anda nikmati untuk membentuk otot, terutama bagi para vegetarian. Selain kaya protein dan kalsium, keju juga mengandung vitamin A dan vitamin B yang merupakan nutrisi penting untuk membentuk otot kencang dan lebih seksi. Selain vitamin A dan B, Anda juga harus memenuhi asupan vitamin C untuk membantu dalam membentuk otot.

Yoghurt

Produk susu selanjutnya yang dapat Anda konsumsi untuk membentuk otot para vegetarian adalah yoghurt. Jika dibandingkan dengan keju, yoghurt lebih rendah sodium dan tentunya lebih menyehatkan. Meskipun dianjurkan, sebaiknya nikmati yoghurt dengan rasa tawar agar tubuh pun tidak semakin melebar.

Baca juga sumber kalsium alami yang baik untuk tubuh

Demikianlah ulasan mengenai makanan pembentuk otot yang tepat untuk para vegetarian.

Loading...
apakah menjadi vegetarian sangat mudah membentuk otot - menambah masa otot vegetarian - pembentuk massa otot -