Makanan Pencegah Kanker Serviks

By Categories : Penyakit

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya dan juga mematikan. Ada beberapa macam-macam kanker itu sendiri mulai dari kanker usus, kanker pankreas, kanker payudara, kanker hati, kanker serviks dan lainnya. Kanker serviks sendiri merupakan salah satu kanker yang menyerang pada leher rahim pada wanita. Seorang wanita yang melakukan hubungan seksual di bawah 20 tahun memiliki resiko 2 kali lipat terserang penyakit ini.

Makanan Pencegah Kanker Serviks

Saat ini gejala awal kanker serviks sangat sulit ditemukan. Karena pada beberapa kasus 70% wanita yang mengetahui gejala kanker tersebut sudah mengarah pada stadium akhir hingga lanjut. Sehingga melakukan pencegahan secara dini adalah hal yang sangat disarankan untuk menghindari penyakit ini. Lantas bagaimana cara mencegah kanker serviks? Simak ulasan beriku ini!

Makanan Pencegah Kanker Rahim

Minyak Zaitun

Selain dapat digunakan untuk perawatan kecantikan minyak zaitun juga dapat Anda manfaatkan untuk mencegah kanker serviks. Meskipun Anda tidak bisa langsung mengonsumsinya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagaimana fungsi minyak pada umumnya. Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, menggunakan minyak zaitun untuk memasak sehari-hari bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dala tubuh.

Makanan Kaya Antioksidan

Seperti yang Anda ketahui antioksidan dapat berperan sebagai penangkal radikal bebas. Oleh karena itu mulailah mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti ikan salmon, lemak ikan, jeruk, paprika, cerry, jeruk, blueberry dan lainnya. Selain untuk menangkal radikal bebas, makanan yang kaya antioksidan juga dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Makanan yang Kaya Flavonoid

Flavonoid merupakan salah satu senyawa kimia yang terdapat dalam buah-buahan serta sayuran. Fungsi utama dari flavonoid adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker kan juga merupakan sumber utama perlindungan tubuh terhadap kanker. Sumber terbaik flavonoid dapat Anda temukan pada buah dan sayur seperti buah apel, selada, bayam, kacang hitam, kubis, brokoli, asparagus, bawang putih, teh hijau, tomat, kembang kol dan lainnya.

Makanan yang Kaya Vitamin A, C, E dan Kalsium

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecologic menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan ataupun multivitamin dengan kandungan vitamin tersebut memiliki resiko lebih rendah terkena kanker serviks dibandingkan seseorang yang jarang mengosnumsi makanan yang kaya vitamin tersebut. Ini karena vitamin A,C, E dan kalsium mengandung antioksidan tinggi yang secara tak langsung dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker serviks. Sumber makanan terbaik vitamin tersebut adalah ikan tuna, telur, wortel, alpukat, anggur merah serta produk susu lainnya.

Nah itulah beberapa makanan pencegah kenaker serviks yang dapat Anda coba. Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga harus mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat seperti berolahraga.