Makanan Pencegah Mual Saat Hamil yang Tepat

By Categories : Nutrisi

Makanan pencegah mual saat hamil tentu saja salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh ibu hamil. Sebab mual saat hamil merupakan kondisi yang sangat tidak nyaman dan harus segera diatasi. Bagi Anda yang sering mengalami hal tersebut, simak saja ulasan berikut ini untuk mengatasinya.

Mual dan muntah atau morning sickness pada ibu hamil adalah hal yang sangat menganggum karena hal tersebut bisa menyebabkan selera makan seseorang menjadi hilang. Jika hal ini terjadi pada ibu hamil tentu saja sangat berbahaya, sebab janin yang ada di dalam kandungan memerlukan asupan vitamin dan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

Selain terjadi pada penderita darah rendah dan penderita penyakit maag, mual-mual di pagi hari juga sering dialami oleh wanita hamil ketika memasuki usia kandungan di 3 bulan pertama. Sebenarnya ini adalah hal wajar yang memang seringkali dialami oleh ibu hamil. Biasanya, rasa mual dan muntah yang dialami disebabkan karena adanya perubahan hormon.

Selain karena perubahan hormon, ada pula beberapa makanan yang menyebabkan ibu hamil merasa mual dan muntah seperti kol, kembang kol, brokoli, makanan yang mengandung MSG, bawang bombay, sosis, goreng-gorengan, makanan berlemak serta bawang putih. Mengingat ada banyak sekali makanan yang menyebabkan mual pada ibu hamil, Anda harus selektif dalam memilih makanan. Nah berikut ini akan menjelaskan mengenai daftar makanan untuk mencegah mual dan muntah pada ibu hamil.Makanan Pencegah Mual Saat Hamil yang Tepat

Daftar Makanan Pencegah MualĀ  Saat Hamil yang Tepat

Jahe

Siapa yang tidak suka dengan wedang jahe? Setiap orang pastinya suka dengan minuman yang satu ini. Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga sangat ampuh untuk mengatasi mual pada ibu hamil dalam hitungan detik. Jahe bisa Anda konsumsi sebagai minuman wedang jahe, campuran makanan, teh ataupun permen.

Baca juga pantangan untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui

Makanan Ringan

Makanan ringan di sini bukan berarti makanan ringan yang yang kaya sodium dan natrium, makanan ringan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil adalah makanan lembut seperti biskuit asin, kentang rebus, salad, sandwich, youghurt, keju dan juga buah-buahan. Sebaiknya hindari makanan berlemak seperti goreng-gorengan karena makanan tersebut dapat menimbulkan rasa mual yang berlebih.

Lemon

Berikutnya adalah lemon. Ibu hamil seringkali memanfaatkan lemon untuk mengurangi dan mencegah mual pada ibu hamil. Rasa asam yang dihasilkan oleh buah ini dipercaya dapat mengatasi mual yang Anda rasakan.

Lemon sendiri bisa dicampurkan dalam berbagai makanan ataupun minuman seperti jus atau sekedar membuat air lemon biasa. Akan tetapi pastikan Anda mengonsumsi roti terlebih dahulu sebelum meminum air lemon. Hal ini bertujuan agar asam lambung tidak naik.

Kerupuk atau Biskuit

Saat bangun tidur, tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan kering berkarbohidrat seperti kerupuk, biskuit, sereal ataupun roti panggang sebagai tindakan untuk mencegah rasa mual dan muntah. Segala bentuk makanan cair juga dapat dikonsumsi di antara waktu makan.

Makanan Dingin

Tahukah Anda bahwa mencium bau masakan yang sedang dimasak juga menjadi salah satu faktor yang dapat memicu rasa mual pada ibu hamil? Namun Anda tak perlu khawatir karena mengonsumsi makanan dingin merupakan salah satu makanan pencegah mual saat hamil yang paling efektif.

Jika Anda merasa mual, tenangkanlah diri Anda dengan mengonsumsi beberapa makanan dingin seperti puding, sereal, yoghurt dan menu makanan lainnya. Jika Anda masih merasa mual, sediakanlah minumn dingin untuk mengatasinya.

Minum Susu Hamil

Banyaknya pilihan rasa pada susu hamil juga dapat mengatasi rasa mual dan enegĀ  pada ibu hamil. Susu tersebut tak hanya kaya vitamin serta gizi yang baik untuk perkembangan san kesehatan janin, susu khusus ibu hamil juga mengandung vitamin B6 yang memang bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa mual yang dirasakan.

Pepaya

Makanan pencegah mual untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah pepaya. Sama seperti susu, buah pepaya juga mengandung vitamin B6 yang berguna untuk mengatasi dan meringankan mual saat hamil. Tak hanya mengandung vitamin B6 saja, serat yang terkandung pada buah ini juga baik untuk melancarkan pencernaan. Sedangkan vitamin C yang ada di dalamnya sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah Apel

Selain pepaya, apel juga kaya serat yang baik untuk pencernaan. Disamping itu, rasa masam pada buah apel juga dapat meringankan rasa mual yang Anda rasakan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, mengolahnya menjadi jus apel ataupun kripik apel yang lezat.

Buah Pisang

Satu lagi buah yang harus dikonsumsi ketika hamil ialah buah pisang. Seperti yang kita ketahui saat hamil tubuh akan mudah lelah. Disamping dapat mengatasi mual, buah pisang juga snagat efektif sebagai pemberi energi secara instan.

Baca juga inilah manfaat alpukat untuk ibu hamil dan calon buah hati

Demikianlah ulasan mengenai makanan pencegah mual saat hamil yang tepat.

Loading...
makanan pencegah mual saat hamil - makanan pencegah mual - www makanan pencegah mual pda ibu hamil -