Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6 Bulan

By Categories : Kesehatan

ASI merupakan asupan nutrisi terbaik bagi bayi yang harus diberikan hingga bayi berusia 2 tahun atau lebih. Akan tetapi setelah bayi berusia 6 bulan, ia harus mendapatkan makanan tambahan. Orang tua sudah bisa mengenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) sebagai tambahan nutrisinya. Alasan pemberian MPASI ketika sudah berumur 6 bulan adalah pencernaan bayi yang sudah mulai sempurna, kematangan mekanisme menelan, kemampuan bayi untuk duduk dan pertumbuhan gigi geligi.

Makanan Pendamping ASI

Saat memberikan makanan pendamping, makanannya pun harus bervariasi selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya hal ini juga bertujuan agar bayi mulai mengenal berbagai variasi makanan. Cara memulai memberikan makanan untuk pendamping ASI adalah dengan menggunakan ibu jari sebagai sendok, dan perhatikan reaksi bayi. Biasanya ada yang langsung membuka mulut dan ada pula yang mengeluarkan makanan yang diberikan, hal ini berarti refleks menjulurkan lidahnya belum hilang. Cobalah berulang kali memberikan makanan ke bayi sampai bayi dapat mengonsumsi tekstur makanan baru tersebut.

Pada saat pertama kali memberikan makanan untuk pendamping ASI, pastikan Anda memberikannya makanan yang halus atau lumat dan sebaiknya makanan yang diberikan adalah makanan buatan Anda sendiri seperti bubur dan lainnya. umumnya, bayi sangat menyukai makanan yang memiliki rasa manis, oleh karena itu jika Anda ingin memberikanya sayuran mulailah memberikannya sayuran yang memiliki rasa manis seperti wortel ataupun ubi manis.

Inilah tanda bayi sudah siap makan

Kapan bayi dapat dan siap dikenalkan oleh makanan? Seperti yang kita ketahui pertumbuhan bayi memang sedikit unik, sehingga tidak dapat dibandingkan antara satu sama lain. Akan tetapi jangan khawatir, karena ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa bayi telah siap mengonsumsi MPASI. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri bayi 6 bulan yang sudah siap mengonsumsi MPASI.

  • Bayi sudah dapat duduk sendiri tanpa bantuan dengan kepalanya telah tersangga oleh tubuhnya dengan baik.
  • Bayi sudah mulai tertarik dengan makanan yang Anda konsumsi.
  • Bayi sudah bisa meraih makanan dan memasukkan makanan tersebut ke mulut karena telah ada koordinasi antara mata, mulut dan tangannya.
  • Bayi dapat menelan makanan. jika tidak dia akan mengeluarkan makanan itu kembali keluar dari mulutnya.
  • Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa makanan pendamping ASI untuk anak usia 6 bulan yang dapat dicoba.

Rekomendasi MPASI untuk anak usia 6 bulan

Nasi tim bayi

Yang pertama adalah nasi tim. Cara membuat nasi tim pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan beras, ikan, bayam, minyak kelapa, santan dan garam secukupnya. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan air lalu masak sampai matang. Setelah matang, Anda dapat memberikannya pada si kecil. Selain bayam, Anda juga dapat menggantinya dengan wortel ataupun jenis sayuran yang lain.

Bubur susu

Selain nasi tim, makanan untuk pendamping ASI selanjutnya adalah bubur susu. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan, seperti tepung beras, susu bubuk dan gula pasir. Masak ketiga bahan tersebut hingga matang. Setelah itu Anda dapat memberikannya pada anak.

Bolu kecil

Bolu bisa Anda dapatkan di toko roti terdekat, selain itu Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah campurkan bahan-bahan seperti susu tepung terigu, gula pasir, mentega telur setelah tercampur kemudian masukkan telur dan aduk hingga rata. Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian. Lalu goreng dengan sedikit minyak.

Ubi jalar

Makanan pendamping ASI selanjutnya adalah ubi jalar. Biasanya bayi yang mulai mengonsumsi makanan pendamping hanya akan diberikan bubur. Akan tetapi Anda juga dapat memberikannya ubi jalar. Karena ubi jalar juga makanan sehat yang mengandung nutrisi tinggi yang dapat menjaga tumbuh kembang si kecil.

Buah pisang

Berikutnya adalah dengan memberikannya buah pisang. Selain disukai oleh orang dewasa, bayi juga sangat menyukai buah yang satu ini. Anda bisa membuat bubur dari buah pisang. Kandungan nutrisi dalam buah pisang seperti vitamin A, asam folat, fosfor dan kalsium dapat menjaga kesehatan dan perkembangan si kecil. Sebenarnya Anda juga tidak perlu menjadikannya sebagai bubur karena pisang sudah memiliki tekstur yang halus. sehingga Anda bisa langsung memberikannya kepada si kecil dengan cara mengerukknya dengan sendok sedikit demi sedikit.

Kacang panjang

Selain buah-buahan, Anda juga bisa memanfaatkan kacang panjang sebagai makanan untuk pendamping ASI. Jenis sayuran ini kaya akan serat dan vitamin B kompleks. Dan pastinya vitamin dan nutrisi tersebut sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Agar si kecil lebih mudah mengonsumsinya, Anda bisa membuatnya menjadi bubur.

Wortel

Selain dibuat jus, wortel juga dapat dimakan secara langsung. tak ada salahnya memberikan bayi wortel rebus. Makanan ini kaya akan vitamin A dan antioksidan yang baik untuk tubuh si kecil.

Nah itulah beberapa makanan pendamping ASI untuk anak usia 6 bulan yang bisa Anda coba. Baca juga artikel mengenai Makanan sehat untuk bayi 6 bulan.