Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

By Categories : Manfaat

Jika Sebelumnya kita telah berbagi tips kesehatan seputar makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes. Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hal ini. Semua orang khususnya wanita tentu saja mendambakan bentuk badan yang langsing dan ideal. Maka wajar sekali bagi mereka yang banyak melakukan berbagai cara untuk mendapatkan bentuk badan yang seperti mereka inginkan. Untuk menurunkan berat badan memang banyak cara yang dapat dilakukan.

Namun salah satu cara yang paling ampuh adalah  mengurangi asupan nasi putih.  Mengurangi asupan nasi putih bukan tanpa alasan, kenapa? Hal ini dikarenakan nasi putih memiliki indeks glikemik sangatlah tinggi. Indeks glikemik adalah ukuran kecepatan makanan diserap oleh tubuh menjadi gula darah. Untuk kadar normal GI yang tidak menimbulkan obesitas adalah dibawah 7, sedangkan  nasi putih memiliki GI mencapai 88-89.

Oleh karena itulah mengapa nasi putih sangat tidak disarankan terlalu banyak dikonsumsi oleh mereka yang tengah melakukan progam diet. Nah berikut ini akan kami jelaskan mengenai makanan yang dapat menggantikan nasi untuk diet atau makanan yang memiliki glycemic indekx (GI) rendah, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Makanan Pengganti Nasi

Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Singkong

Menu diet pertama yang berfungsi untuk menggantikan nasi adalah singkong. Makanan yang satu ini memang sering  dianggap degan makanan kelas bawah. Meskipun begitu ternyata singkong merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan nilai GI lebih rendah dibandingkan nasi putih yaitu dibawah 55. Selain itu singkong juga memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, fosfor, kalsium, protein, vitamin dan tinggi serat. Kandungan serat yang tinggi pada singkong dapat berfungsi untuk membantu proses penurunan berat badan dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ubi Jalar

Makanan penganti nasi untuk diet yang kedua adalah ubi jalar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Nutrisionis Amerika Serikat, mengatakan bahwa ubi jalar (sweet potato) sebagai makanan yang dapat menjadi pengganti nasi. Selain itu ubi jalar juga dapat berfungsi untuk membantu proses penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki kandungan GI   sangat rendah yakni 54. Bukan hanya itu saja, ubi jalar juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yaitu kalsium, zat besi, karbohidrat, fosfor dan masih banyak lagi lainnya.

Kentang

Makanan yang satu ini memang sudah sangat populer dikalangan masyarakat, namun tidak begitu banyak dari mereka yang tahu jika kentang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Sebenarnya kentang memiliki GI cukup tinggi sebanding dengan nasi jika cara mengonsumsinya yang salah. Cara mengonsumsi kentang yang benar dan sehat adalah dengan cara direbus. Dibanding dengan nasi kentang lebih banyak variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil. Selain itu kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dimana berfungsi untuk membantu mempercapat menurunan berat badan.

Talas

Berikutnya adalah talas. Talas merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Bogor yang kaya akan vitamin dan juga nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein dan serat yang cukup tinggi. Kandunga karbohidrat dalam talas berupa pati dan memiliki sifat yang mudah dicerna. Tak hanya dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam setiap harinya, mengonsumsi talas juga dapat mencegah penyakit jantung, darah tinggi serta dapat menjaga tubuh tetap ideal.

Pasta

Banyak orang yang menganggang pasta merupakan salah satu jenis makanan junk food yang berbahaya bagi tubuh, akan tetapi makanan pengganti nasi yang satu ini merupakan salah satu makanan rendah lemak yang berguna untuk menjaga berat badan tetap proporsional. Jika dibandingkan dengan nasi, pasta memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Jagung

Sudah menjadi rahasia umum jika jagung kaya akan manfaat yang dapat memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Tak hanya karbohidrat, jagung juga mengandung mineral, vitamin B serta antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan. Saat ini cara mengolah jagung tak hanya direbus saja, Anda bisa mengolahnya dengan ccara dikukus, direbus, dimanfaatkan sebagai sup jagung dan masih banyak lagi.

Sukun

Umumnya kadar karbohidrat pada sukun lebih tinggi dari nasi, akan tetapi kadar kalori yang ada pada sukun lebih rendah. Sehingga sangat cocok digunakan untuk diet. Kandungan Indek Glikemik pada sukun dapat membantu Anda untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Sehingga dapat menghindarkan Anda dari penyakit diabetes. Namun tak hanya itu saja selain dapat digunakan sebagai menu diet, sukun juga baik untuk menjaga kesehatan organ jantung serta ginjal.

Gembili

Gembili merupakan rimpang yang dapat mengenyangkan perut. Gembili kaya akan nutrisi seperti vitamin V, vitamin C, karbohidrat, lemak, protein, kalori, fosfor, kasium, zat besi dan lainnya. Aan tetapi cara mengolah yang salah dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya menjadi gtal-gatal.

Nah itulah beberapa makanan pengganti nasi untuk diet yang dapat Anda coba.