Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

By Categories : Kesehatan

Selain jerawat, keputihan merupakan salah satu masalah yang sering menimpa para perempuan. Sebenarnya hal ini adalah hal wajar yang sering terjadi akan tetapi keputihan yang dialami setiap wanita tentunya dapat membuat rasa tidak nyaman dan dapat menjadi masalah yang sangat besar jika tidak segera di atasi. Pada umumnya, ada dua jenis keputihan yaitu keputihan normal dan abnormal. Keputihan normal sendiri adalah keputihan yang tidak berbahaya dan biasanya memiliki ciri tidak berbau, memiliki warna bening dan tidak menyebabkan rasa gatal.

makanan penyebab keputihan

Sedangkan keputihan abnormal atau keputihan tidak normal adalah keputihan berbahaya yang harus segera diatasi. Jenis keputihan yang satu ini biasanya memliki ciri-ciri berbau busuk, warna kuning kehijauan dan menyebabkan rasa gatal.

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan keputihan pada wanita. Dengan mengetahui sebabnya tentunya ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengatasinya. Lantas apa saja penyebab keputihan pada wanita? Berikut ulasannya.

Lembab. Setelah buang air kecil ataupun besar banyak wanita yang membiarkan organ intimnya tetap basah. Tentunya hal ini dapat membuat organ kewanitaan menjadi lembab. Selain itu, banyaknya cairan keputihan  juga dapat membuat organ kewanitaan menjadi lembab dan tidak nyaman.

Jamur dan bakteri. Yang kedua adalah disebabkan karena jamur dan bakteri. Kondisi organ kewanitaan yang lembab merupakan tempat terbaik bagi para bakteri dan jamur untuk berkembang. Jika sudah begini, tentunya dapat menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman pada organ kewanitaan itu sendiri

Kelainan serviks. Seseorang yang memiliki kelainan pada serviks juga dapat menyebabkan keputihan. Hal ini karena kelainan tersebut kebanyakan disebabkan oleh jamur dan bakteri. Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini dibutuhkan penanganan lebih lanjut.

Selain disebabkan karena makanan yang kurang higienis, bakteri dan stres, keputihan juga dapat disebabkan karena makanan. Berikut adalah makanan penyebab keputihan pada wanita.

Makanan yang menyebabkan keputihan yang harus dihindari

Makanan yang mengandung ragi

Yang pertama adalah makanan yang mengandung ragi. Makanan yang memiliki kandungan ragi merupakan makanan yang dibuat melalui proses fermentasi. Seperti yang Anda ketahui makanan yang difermentasi tentunya membutuhkan bakteri. Bakteri merupakan salah satu penyebab munculnya keputihan. Oleh karena itu sebaiknya Anda membatasi dan menghindari makanan yang mengandung ragi, seperti bir, jamur, keju dan juga pasta tomat.

Makanan yang mengandung gula

Yang kedua adalah makanan yang mengandung gula. Menurut Dr. Cook, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berlebih dapat memicu meningkatkan jamur pada area kewanitaan. Hal ini dikarenakan karbohidrat berlebih akan membuat produksi gula dalam tubuh berlebih pula. Sedangkan gula tersebut tidak semunya dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa jenis makanan mengandung gula berlebih yang dapat menyebabkan keputihan yaitu soda dan alkohol.

Buah yang dikeringkan

Selanjuntnya adalah buah yang dikeringkan. Buah yang dikeringkan mengandung kadar fruktosa yang sangat tinggi. Sehingga hal ini dapat membuat pertumbuhan bakteri semakin besar dan tidak terkendali. Jika Anda mengonsumsinya secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini akan dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab keputihan di area kewanitaan Anda.

Makanan kalengan

Makanan penyebab keputihan selanjutnya adalah makanan kalengan. Makanan kalengan merupakan salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain dapat menyebabkan keputihan, makanan kalengan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti masalah jantung hingga hipertensi. Hal ini dikarenakan selain mengandung pengawet makanan kalengan juga mengandung sodium yang sangat tinggi.

Gorengan

Selain dapat menyebabkan wajah berjerawat, gorengan juga dapat menyebabkan keputihan. Karena kandungan karbohidrat dalam tepung yang digunakan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Nanas

Berikutnya adalah nanas. Beberapa alasan nanas merupakan salah satu makanan yang menyebabkan keputihan adalah kandungan asam dalam buah ini dapat meningkatkan asam lambung. Asam lambung yang meningkat dapat membuat reaksi pengaktifan bakteri. Jika hal ini terjadi tentu saja dapat menyebabkan makanan menjadi busuk di dalam lambung. akibatnya makanan tersebut dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk lendir (keputihan). Selain merupakan makanan yang menyebabkan keputihan, nanas juga merupakan makanan penyebab keguguran yang perlu dihindari oleh ibu hamil.

Telur

Telur kaya akan protein dan kalori yang baik bagi tubuh. akan tetapi mengonsumsi telur berlebih juga dapat menyebabkan keputihan. Seorang wanita yang tidak sedang mengalami keputihan juga dapat menyebabkan keputihan karena tingginya kalori dan protein pada telur. Bagi Anda yang suka menyantap makanan ini ada baiknya untuk membatasi mengonsumsi telur dalam setiap harinya.

Nah itulah beberapa makanan penyebab keputihan yang harus Anda batasi. Namun jika Anda masih sering mengonsumsinya Anda dapat menetralisir bakteri dan jamur dengan minum air putih secara teratur. Baca juga artikel terkait tentang Penyebab keputihan dan cara mengatasinya.