Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

By Categories : Kesehatan

Selam 6 bulan pertama setelah melahirkan, bayi memang harus diberikan ASI esklusif tanpa memberikan minuman dan makanan selain ASI. Karena ASI sudah memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh bayi. Tapi setelah bayi memasuki usia di atas 6 bulan maka diperlukan asupan gizi tambahan atau makanan pendaping ASI (MPAsi) untuk membantu menunjang pertumbuhannya. Sekarang ini sudah banyak tersedianya makanan sehat pendamping ASI yang di jual di supermarket tentu sangat memudahkan orang tua dalam memenuhi asupan makanan pendamping ASI untuk bayinya. Namun alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua dapat menyediakan asupan makanan sehat pendamping ASI sendiri.

makanan sehat untuk bayi

Makanan sehat untuk bayi adalah makanan yang dibuat sendiri atau home mode, karena lebih terjamin kualitas dan kebersihannya. Dan yang paling penting harus memenuhi asupan gizi yang seimbang. Adapun jumlah normal yang harus diberikan adalah 2 banding 1, artinya cobalah untuk mulai mengurangi asupan ASI sedikit demi sedikit dan meningkatkan jumlah asupan makanan pendamping ASI yang dilakukan secara perlahanm supaya pencernaan mampu beradaptasi dengan baik.

Adapun jenis makanan untuk bayi dari usia 6 bulan memang sangat dianjurkan dari masa ke masa adalah bubur. Hal ini dikarenakan supaya ketika di konsumsi dapat di telan dan di cerna oleh bayi dengan baik. Berikut terdapat beberapa jenis makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Adapun penjelasannya sebagai berikut !

Inilah makanan Sehat Bayi Usia 6 Bulan

Di bawah ini terdapat jenis makanan sehat untuk bayi yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Cobalah untuk memberikan makanan berikut ini dengan cara menghaluskan atau dijadikan bubur. Berikut jenis makanan sehat bayi usia 6 bulan.

Labu kuning

Labu kuning adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan bayi berusia 6 bulan. Hal ini dikarenakan labu kuning memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Cara untuk mengolahnya cukup dengan mengkukus labu kuning hingga matang dan lalu lembutkan seperti bubur.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga sangat baik untuk di jadikan bahan tambahan membuat bubur untuk bayi usia 6 bulan. Seperti misalnya bayam, brokoli, lobak, dan kale. Semua jenis sayuran tersebut memiliki kandungan asam folat yang dapat membantu meningkatkan kesecerdasan bayi. Cara memberikannya cukup dengan menghaluskan sayuran hijau tersebut hingga lembut setelah itu kukus agar bakteri dan kumannya hilang.

Buah-buahan

Selain menggunakan sayuran hijau, Anda juga bisa memanfaatkan buah-buhan seperti bluberi, alpukat dan jeruk mandarin. Ketiga buah-buahan tersebut memiliki kandungan flavonoid yang baik bagi kesehatan mata bayi. Cara untuk mengolahnya Anda bisa membuat sup buah dan bisa dengan menambahkan susu khusus bayi ataupun sereal lembut.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan. Baca juga artikel mengenai Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi.

cemilan bayi 6 bulan - cemilan untuk bayi 6 bulan - cemilan sehat untuk bayi 6 bulan - cemilan sehat bayi 6 bulan - foto bayi - cemilan bayi 6 bulan keatas - cemilan yg baik buat bayi 6 bln - cemilan untuk bayi 6 bulan - cemilan untuk bayi 6 bln - cemilan untuk anak usia 6 bulan ke atas - cemilan bayi uaia 6 bulan - cemilan sehat bayi 6bulan - cemilan bayi 6 bulan sehat - cemilan sehat bayi - cemilan buat anak usia 6bulan -