Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Pada umumnya kecerdasan seseorang dipengaruhi internal yaitu faktor genetika. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi kecerdasan seseorang. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kecerdasan otak seseorang adalah kesehatan, aktivitas fisik, faktor lingkungan dan juga nutrisi makanan. Sehingga untuk mendukung kecerdasan seorang anak, para orang tua dapat membantu dengan cara memberikan nutrisi makanan terbaik untuk mendukung dan merangsang kecerdasan mereka. Tahukah Anda makanan apa saja yang dapat merangsang kecerdasan otak? Berikut adalah makanan untuk kecerdasan otak anak.

Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Jenis Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Telur

Seperti yang Anda ketahui, telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan sumber protein. Kandungan kolin pada kuning telur, sangat bermanfaat untuk perkembangan daya ingat dan fungsi memori. Tak hanya itu, kolin juga dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak serta dapat membuat anak tidak mudah lelah dalam menjalani aktifitas hariannya. Namun sebaiknya mengonsumsi telur jangan terlalu berlebihan. Cukup satu butir setiap harinya. Mengapa demikian? Karena kuning telur mengandung kolesterol yang sangat tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan si kecil.

Ikan

Siapa yang tidak menyukai lauk pauk yang satu ini. Setiap orang juga sangat menyukainya. Karena selain enak, ikan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan serta dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Salah satu ikan yang sangat baik untuk kecerdasan dan perkembangan otak adalah ikan salmon. Selain kaya akan protein, ikan juga mengandung asam lemak omega 3. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat serta kemampuan nalar yang lebih tajam.

Brokoli

Makanan untuk kecerdasan otak anak selanjutnya adalah Brokoli.  Sayuran ini memiliki nutrisi dan gizi yang sangat tinggi. Tak hanya itu, brokoli juga kaya akan Vitamin C, Vitamin K serta kolin. Di mana nutrisi tersebut sangat baik untuk otak. Manfaat brokoli lainnya adalah untuk meningkatkan kognitif anak, hal ini dikarenakan brokoli mengandung Vitamin K. Sehingga pada saat usia lanjut ini dapat menunda penyakit demensia. Sedangkan kolin bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan neurotransmitter. Tak hanya untuk kecerdasan otak, brokoli juga sangat baik untuk kesehatan. kandungan vitamin C pada brokoli dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit dan tetap fit setiap hari.

Cokelat

Setiap anak pastinya suka dengan cokelat. Namun cokelat di sini adalah cokelat asli yang terbuat dari 60% kakao atau cokelat hitam. Berbeda dengan cokelat pada umumnya. Cokelat hitam memiliki rasa yang sedikit pahit. Meskipun begitu cokelat ini sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan flavonoid pada cokelat hitam bermanfaat untuk mencegah demensia dan penurunan kognitif ketika lansia.

Nah itulah beberapa makanan untuk kecerdasan otak anak. Baca juga artikel lainnya mengenai Manfaat makan cokelat bagi kesehatan.