Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk Berdahak

By Categories : Kesehatan

Saat cuaca tidak menentu, batuk merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh kita. Biasanya saat batuk juga diikuti oleh penyakit lainnya seperti flu atau pilek. Meskipun sering dianggap penyakit ringan, batuk yang tidak segera diatasi juga dapat mengganggu kita saat sedang beraktivitas. Pada umumnya batuk disebabkan oleh virus sehingga menggunakan antibiotik yang tepat dapat mengatasi hal ini. Akan tetapi penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan kuman dan bakteri menadi resisten atau tidak mempan.

makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak

Selain mengonsumsi obat dan makanan yang dapat meringankan penyakit tersebut, sebaiknya Anda pun menghindari makanan yang dapat memperparah batuk Anda. Berikut adalah makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak.

Pantangan makanan saat batuk berdahak

Makanan pedas

Makanan yang pertama adalah makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas saat flu pastinya hal tersebut sangat menyegarkan. Akan tetapi jika Anda sedang flu disertai batuk sebaiknya Anda mengindari makanan tersebut. Hal ini dikaranakan mengonsumsi makanan pedas seperti lada, pala, cengkeh, cabai dan lainnya dapat membuat tenggorokan dan batuk Anda semakin parah.

Makanan kering

Pantangan makanan yang kedua adalah makanan kering. Saat batuk pastinya tenggorokan akan terasa sakit dan nyeri layaknya radang tenggorokan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan kering seperti biskuit, gorengan, kacangan-kacangan dan makanan kemasan lainnya dapat memperparah kondisi tenggorokan Anda. Sebaiknya pilihlah makanan yang mudah ditelan seperti makanan yang memiliki tekstur lembut dan banyak mengandung air.

Makanan asam

Selain sebagai pantangan makanan untuk penderita asam lambung, mengonsumsi makanan asam tertentu juga dapat membuat batuk semakin parah. Hal ini dikarenakan makanan asam seperti lemon, permen karet, buah jeruk dan makanan asam lainnya dapat menyebabkan rasa gatal dan sakit pada tenggorokan Anda. Selain makanan asam, sebaiknya Anda pun menghindari makanan yang mengandung vinegar dan cuka.

Produk susu

Makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak adalah produk susu. Meskipun mengandung vitamin D tinggi yang berguna untuk memperkuat tulang dan gigi, seseorang yang sedang batuk sebaiknya menghindari makanan tersebut. Produk susu yang Anda konsumsi justru dapat memicu rasa gatal pada tenggorokan Anda.

Alkohol

Seperti yang Anda ketahui alkohol memang tidak disarankan untuk diminum walaupun tidak sedang sakit. Hal ini dikarenakan minuman keras tersebut dapat menimbulkan masalah serius pada kesehatan Anda. Bagi seseorang yang menderita batuk, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan dan pastinya dapat membuat batuk Anda semakin buruk dan parah.

Kafein

Minum secangkir kopi panas saat bersantai mungkin sangatlah nikmat. Namun tidak bagi seseorang yang sedang batuk. Minuman tersebut justru akan memicu rasa gatal pada tenggorokan Anda. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi minuman menyehatkan lainnya yaitu teh jahe herbal. Rasa hangat pada teh tersebut akan membuat tenggorokan Anda terasa nyaman.

Nah itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak.