Makanan Yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

By Categories : Kesehatan

Olahraga adalah salah satu aktifitas untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat berolahraga pastinya tubuh akan kehilangan energi dan juga nutrisi. Maka dari itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat mengembalikan tenaga dan stamina setelah berolahraga. Makanan terbaik setelah berolahraga adalah makanan yang menggabungkan antara karbohidrat kompleks, protein dan juga air. Saat berolahraga tubuh akan menggunakan glukosa untuk mengerahkan semua energi. Sehingga setelah berolahraga Anda harus mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Makanan Yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

Namun Anda juga harus memperhatikan dalam memilih makanan. Ini dikarenakan memilih makanan yang salah dapat membuat tubuh semakin lemas dan sulit untuk mengembalikan energi yang telah hilang. Lantas makanan apa saja yang harus dihindari? Berikut adalah makanan yang harus dihindari setelah olahraga.

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

Makanan Ringan dengan Rasa Asin

Mengonsumsi makanan ringan adalah hal yang menyenangkan disela-sela waktu luang. Namun bagi Anda telah melakukan olahraga sebaiknya menghindari makanan ini. Meskipun kaya akan potasium makanan asin juga mengandung banyak kalori. Sehingga ini akan membuat olahraga yang Anda lakukan menjadi sia-sia. Untuk menggantikan hilangnya pottasium yang dikeluarkan melalui keringat, Anda dapat mengonsumsi buah pisang. Pisang kaya akan potasium yang sangat baik untuk menggantikan kadar potaasium yang dikeluarkan selama berolahraga.

Minuman Bersoda

Minum minuman bersoda setelah berolahraga memanglah sangat menyegarkan. Namun yang perlu Anda ketahui, mengonsumsi minuman berkarbonasi setelah berolahraga akan dapat menggagalkan program diet Anda. Efek minuman bersoda sangat tidak baik untuk tubuh karena kadar gula yang sangat tinggi. Selain itu, minuman berkarbonasi juga dapat menghambat proses metabolisme tubuh. Sehingga ini menyebabkan pembakaran lemak dalam tubuh akan semakin terhambat. Tak hanya itu saja dampak dari minuman bersoda, jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti obesitas. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengganti minuman bersoda dengan minuman yang menyehatkan lainnya seperti, air mineral, teh tanpa gula ataupun jus buah.

Junk Food

Makanan yang harus dihindari setelah olahraga selanjutnya adalah junk food. Seperti yang Anda ketahui makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan. Karena junk food kaya akan lemak jahat dan berkolesterol tinggi. Maka dari itu, makanan ini sangat tidak cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan lemak jahat pada makanan cepat saji dapat menghambat proses pembentukan otot serta menghambat Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang Anda impikan.

Daging Merah

Selain sulit untuk dicerna oleh tubuh, daging merah juga kaya akan lemak. Sehingga jika makanan ini dikonsumsi setelah olahraga, ini akan menggagalkan program diet Anda. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengganti daging merah dengan ikan atau daging ayam tanpa kulit untuk menambah protein yang hilang selama berolahraga.

Nah itulah beberapa makanan yang harus dihindari setelah olahraga. Baca juga Manfaat dari olahraga yang perlu Anda ketahui.

cara mengembalikan stamina setelah olahraga - makanan yang di hindari setelah joging -