Manfaat Apel Untuk Kesehatan dan Kulit

By Categories : Manfaat, Nutrisi

Kita dapat dengan mudah mendapatkan manfaat apel untuk kesehatan dan kulit karena buah ini sangat populer serta mudah didapatkan di pasar, supermarket maupun di toko-toko buah. Penyajian buah apel juga cukup mudah karena kita bisa langsung memakannya atau mengolahnya menjadi jus apel, koktail maupun berbagai masakan.

nutrisi-apelSebelum memakan atau mengolah buah apel ada baiknya untuk mencuci sampai bersih karena kebanyakan apel permukaannya mengandung pestisida dan pengawet. Pestisida yang paling sering digunakan antara lain organofosfat dan organo-chlorida seperti permethrin dan DDT.

Sangat disarankan untuk sering-sering mengkonsumsi apel, hal ini karena banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat apel yang perlu anda tahu

1. Mengandung antioksidan
Apel mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan bagi kulit karena mengandung antioxidan, flavonoid dan serat makanan. Kandungan antioksidan dan phytonutrien dalam apel membantu mencegah hipertensi, kanker, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Studi yang melibatkan 187.382 orang yang mengkonsumsi 3 sajian perminggu buah apel, anggur, blueberri atau pir. memiliki resiko 7% lebih kecil mengidap penyakit diabetes tipe 2.

2. Memperpanjang usia
Pada tahun 2011 lalu American Chemical Society melakukan penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa hewan yang diberi makan apel memiliki umur 10% lebih panjang serta memiliki kemampuan motorik yang lebih baik dibandingkan dengan hewan yang tidak diberi makan apel. Meskipun penelitian ini baru dilakukan pada binatang tetapi para peneliti percaya bahwa efek yang tidak terlalu berbeda dapat dirasakan pada manusia.

3. Apel untuk meningkatkan daya ingat
Para peneliti dari University of massachustts melakukan penelitian dan berhasil mengungkap bahwa rutin mengkonsumsi apel terbukti dapat meningkatkan senyawa kimia yang disebut sebagai asetilkolin, zat ini merupakan hormon yang berfungsi sebagai penghubung antar sel otak. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi dapat mencegah berbagai masalah yang terkait dengan penurunan daya ingat. Ditambah dengan kandungan vitamin B komplek (riboflavin, thiamin dan vitamin B6) yang menjaga sel darah merah dan sebagai nutrisi syaraf semakin baik untuk daya ingat.

4. Manfaat apel untuk kulit
Sudah disebutkan sebelumnya kalau apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Selain untuk kesehatan antioksidan juga sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit serta mencerahkan kulit. Apel juga memiliki kandungan asam malat yang berfungsi membantu pelepasan sel kulit mati. Kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dalam apel menjaga kulit dari keriput dan penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat apel untuk kulit ini bisa dengan mengkonsumsinya atau dijadikan sebagai masker. Caranya campurkan apel yang telah dihalus kan dengan madu murni, aplikasikan pada wajah  yang telah dibersihkan, tunggu selama 15-30 menit lalu bilas dengan air.