Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Salah satu satu tanaman herbal yang satu ini sudah dikenal sejak lama. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, tanaman yang memiliki nama latin Tamarindus indica ini juga kaya akan khasiat yang baik utuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh.  Hal ini dikarenakan asam Jawa mengandung beberapa beberapa zat baik, diantaranya yaitu asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat dan juga asam asetat. Pastinya Anda penasaran kan apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat asam Jawa untuk kesehatan.

Manfaat Asam Jawa

Manfaat asam Jawa untuk kesehatan tubuh

Mengobati penyakit eksim

Eksim merupakan salah satu jenis penyakit kulit menular yang dapat membuat penderitanya merasa gatal dan tidak nyaman. Tak hanya itu saja penyakit ini juga dapat merusak jaringan kulit sehingga kulit melepuh dan mengeluarkan nanah. Dibandingkan dengan orang dewasa eksim lebih sering menyerang anak-anak. Namun jangan khawatir, cobalah untuk mengatasinya dengan menggunakan asam jawa. Caranya, ambil segenggam asam jawa kemudian tumbuk hingga halus, setelah itu balurkan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan cara ini secara teratur hingga eksim sembuh.

Mengobati batuk kering

Manfaat yang kedua adalah untuk mengobati batuk kering. Batuk kering biasanya disertai dengan rasa gatal dan perih pada tenggorokan. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini sangat menganggu. Untuk mengbati batuk kering dengan menggunakan asam Jawa caranya pun mudah, yaitu  siapkan 3 buah polong asam Jawa dan satu genggam daun saga, setelah itu rebus kedua bahan alami tersebut dengan 4 gelas air. Biarkan ramuan tersebut mendidih hingga tersisa 2 gelas air. Saring, lalu minum ramuan tersebut 2 kali sehari secara teratur.

Mengatasi nyeri haid

Khasiat asam jawa selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid. Tak jarang para wanita yang tengah datang bulan mengalami nyeri  ataupun kram perut. Selain mengompresnya dengan menggunakan air hangat, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang satu ini. Caranya pun sangat mudah yaitu siapkan satu genggam asam Jawa yang masih muda dan kunyit secukupnya. Setelah itu, tumbuh kedua bahan tersebut hingga hancur dan rebus dengan segelas air. Setelah mendidih Anda bisa menyaringnya dan minum ramuan ini satu minggu sebelum haid untuk mencegah nyeri perut.

Mengobati disentri

Berikutnya adalah digunakan untuk mengobati disentri. Gejala umum penyakit disentri antara lain feses yang disertai darah dan juga lendiri. Biasanya penyakit ini disebabkan karena bakteri dan amoeba. Untuk mengatasinya, siapkan asam Jawa, kunyit dan juga temulawak secukupnya. Setelah itu haluskan ketiga bahan tersebut  lalu seduh dengan menggunakan air panas. Aduk hingga rata dan saring airnya. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan madu sesuai selera. Minum ramuan ini secara teratur hingga disentri yang Anda derita sembuh.

Mengobati asma

Tahukah Anda bahwa asam jawa merupakan salah satu obat tradisional  asma paling ampuh dan mujarab yang dapat Anda coba. Untuk membuat ramuan tradisional dari asam jawa caranya pun sangat mudah, yaitu ambil 2 potong kulit pohon asam Jawa dan juga pohon adas polowaras. Lalu rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan minum setiap hari.

Mengobati keputihan

Manfaat asam jawa selanjutnya adalah untuk mengobati keputihan. Penyakit yang satu ini umumnya banyak diderita oleh para perempuan, terutama pada daerah kewanitaan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk mengobati keputihan adalah asam jawa, kunyit, gula aren serta daun beluntas. Caranya tidak sulit, haluskan kunyit dan beluntas lalu seduh dengan setengah gelas air panas. Tambahkan asam jawa dan gula aren lalu aduk hingga rata. Saring airnya lalu minum setiap malam.

Mengobati penyakit campak

Penyakit ini disebabkan oleh virus dan umumnya penyakit campak menyerang balita. Selain melakukan pemeriksaan medis, Anda bisa mencoba menggunakan ramuan tradisonal untuk mengobati penyakit ini. Caranya, siapkan 3 gelas daun jawa, garam, gula aren dan 3 iris rimpang kunyit. Bersihkan bahan-bahan tersebut lalu rebus dalam 2 gelas air. Setelah dingin, saring airnya lalu minum 2 kali sehari. Untuk mencegah penyakit campak, ada baiknya para orang tua memperhatikan jadwal imunisasi campak dan lainnya untuk si kecil.

Mengobati jerawat

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, asam jawa juga sangat baik dalam merawat kulit salah satunya yaitu untuk mengobati jerawat. Caranya, siapkan 12 lembar daun sambiloto, kencue, daun jinta, temulawak, asam jawa, serta adas. Tumbuk bahan-bahan tersebut hingga halus dan seduh dengan menggunakan air hangat. Setelah dingin minum ramuan herbal tersebut secara rutin dan teratur sebanyak 3 kali dalam sehari.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat asam Jawa untuk kesehatan. selain itu, asam Jawa juga memiliki manfaat lainnya, seperti mengatasi darah rendah, mengobati ambeien, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi.