Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Diet

By Categories : Manfaat, Nutrisi

Buah kiwi memang tidak sepopuler buah-buahan lainnya, namun manfaat buah kiwi sangat lah besar bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit wajah. Buah berwarna hijau kecil ini berasal dari Selandia Baru dan merupakan buah khas negara tersebut.

Sebagai buah impor, harga buah kiwi cukup mahal sehingga jarang sekali orang mau membelinya kecuali mereka sudah mengetahui manfaat buah berukuran kecil tersebut. Buah kiwi mengandung banyak sekali vitamin C.

Kandungan vitamin C dalam buah kiwi jauh lebih banyak daripada buah jeruk. Buah kiwi juga kaya akan zat anti oksidan sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat polusi, perubahan iklim dan radikal bebas.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

manfaat-buah-kiwi-untuk-kesehatan

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan bisa kita rasakan apabila kita rutin mengkonsumsi buah ini. Manfaat tersebut antara lain adalah mencegah munculnya penyakit-penyakit kardiovaskular. Mengkonsumsi buah kiwi secara rutin dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, mencegah dan mengurangi pembekuan darah serta sangat baik untuk kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, zat anti oksidan tinggi yang terkandung di dalam buah kiwi dikenal dapat mencegah penyakit kanker. Ini karena nutrisi dalam buah kiwi membantu perbaikan sel-sel tubuh yang rusak sehingga masalah-masalah yang berhubungan dengan kerusakan genetic dapat dicegah.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil secara khusus dikarenakan buah kiwi mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Seperti kita ketahui, ibu hamil, khususnya di bulan-bulan pertama kehamilan sangat membutuhkan banyak asupan asam folat agar otak janin dapat berkembang dengan baik dan terhindar dari kerusakan sistim syaraf. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi secara teratur sebagai tambahan asupan asam folat bagi janin yang ada dalam kandungannya.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Rambut dan Diet

Secara umum buah kiwi berkhasiat untuk rambut dan kulit. Manfaat buah kiwi untuk rambut dan kulit adalah dapat menghaluskan dan melembutkan kulit wajah dan juga rambut. Mengkonsumsi banyak buah kiwi meningkatkan asupan vitamin C ke dalam tubuh, menjadikan kulit wajah lebih cerah dan segar.

Penuaan dini pun dapat dicegah karena buah kiwi dapat membantu perbaikan sel-sel kulit sehingga kerutan dan garis-garis halus yang muncul di wajah akibat proses penuaan dapat diperlambat kemunculannya.

Manfaat buah kiwi untuk diet juga dirasakan oleh mereka yang rutin mengkonsumsi buah kiwi saat sarapan. Meskipun rasanya asam sedikit manis, buah kiwi aman untuk lambung karena sifatnya yang basa. Dengan demikian, buah kiwi cocok bagi Anda yang berencana untuk menurunkan berat badan. Buah kiwi juga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi berbagai macam penyakit seperti asma, diabetes dan gangguan pencernaan. Begitu banyak manfaat buah kiwi sehingga meskipun harganya tergolong mahal, namun timbale baliknya bagi kesehatan jauh lebih besar.