Manfaat dan Efek Samping Teh Jati Cina Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

manfaat dan efek samping teh jati cina

Teh jati cina atau senna leaf ini merupakan tanaman berbunga yang masih dalam keluarga facacease subfamili Caesalpinioideae. Teh jati cina ini merupakan tumbuhan asli yang berasal dari seluruh daerah tropis salah satunya adalah negara Indonesia. Untuk spesies senna itu sendiri dipercaya memiliki 360 namun hanya ada 50 spesies senna yang di kenal oleh masyarakat luas.

Daun teh jati cina ini pernah sangat booming di Indonesia beberapa waktu yang lalu dimana daun jati cina tersebut dipercaya ampuh sebagai obat pelangsing tubuh. Namun apakah benar pendapat mengenai teh jati cina terebut? Berikut ini akan di jelaskan mengenai manfaat daun teh jati cina itu sendiri.

Manfaat dan Efek Samping Teh Jati Cina yang Jarang Orang Ketahui

Teh jati cina  mampu untuk melangsingkan tubuh dan mengatasi masalah buang air besar. Hal itu dikarenakan di dalam senyawa anthranoid yang bisa menyebabkan kontraksi dalam usus. Selain itu teh jati cina juga memiliki manfaat yaitu mampu membersihkan darah kotor, mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, menghilangkan racun dalam tubuh, mengatasi masalah pencernaan dan menghilangkan lemak dalam tubuh. Jika Anda ingin menonsumsi daun teh jati ini sangat disarankan ketika minum setelah makan dan diminum hanya dua kali sehari.

Menurut sebuah sumber menyatakan bahwa teh jati cina ini memiliki reaksi yang sangat cepat dalam tubuh khususnya dalam sistem pencernaan. Maka dari itu Anda harus mengatur waktu mengonsumsi teh ini agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Untuk anjuran penggunaan dalam mengonsumsi daun teh jati cina adalah untuk hari pertama Anda bisa satu hari sekali, setelah satu minggu Anda bisa menambah dosis dua kali sehari. Usahakan jangan pernah mengonsumsi secara berlebihan karena terdapat efek samping yang perlu Anda ketahui.

Efek Samping Teh Jati Cina adalah sebagai berikut :

Efek samping daun teh jati cina jika digunakan secara berlebihan mampu mengganggu organ ginjal dan meningkatkan produksi darah yang menjadi berlebihan (hipertensi), membuat usus berwarna kecoklatan yang dapat mengganggu metabolisme dan pencernaan dalam tubuh seseorang. Selain itu juga bisa menggangu radang sendi dan otot yang disebabkan oleh zaty ang ada dalam tubuh dan urai dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Bagi wanita yang sedang masa menstruasi sangat dianjurkan tidak mengonsumsi daun teh jati cina karena biasanya orang yang sedang mengalami datang bulan perut menjadi kembung, otot perut menjadi kencang sehingga menambah ketidaknyamann dalam masa menstruasi Anda.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai manfaat dan efek samping teh jati cina bagi kesehatan. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.