Manfaat Daun Dewa untuk Kanker Hingga Pengobatan Tradisional

By Categories : Manfaat

Manfaat daun dewa sebenarnya ada banyak sekali. Namun belum banyak orang yang mengetahui apa saja manfaat dari tanaman yang memiliki nama latin Gynura Divaricata ini. Pastinya Anda penasaran kan apa saja kandungan dan khasiat tanaman herbal yang bisa tumbuh pada ketinggian 200 hingga 800 meter di atas permukaan laut ini? Nah daripada penasaran, simak saja ulasan artikel ini karena akan menjelaskan mengenai khasiat daun mahkota dewa.

Siapa yang tidak mengenal daun mahkota dewa atau daun dewa? Setiap orang pastinya mengetahui jenis tanaman obat yang satu ini. Dinamakan daun dewa karena tanaman ini sudah terbukti ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, bahkan yang berbahaya sekalipun seperti kanker.

Sebelum membahas mengenai manfaatnya, tak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa kandungan dan sifat yang ada di dalam daun dewa. Beberapa kandungan baik yang ada di dalam daun ini antara lain minyak atsiri, polifenol, asam p-kumarat, alkaloid, sterol, vitamin K, tannin, saponin dan juga flavonoid.

Sedangkan beberapa sifat yang dimiliki daun dewa antara lain anti bakteri untuk membunuh dan mencegah perkembangiakan bakteri, anti tonic untuk membersihkan racun dalam tubuh, anti kolesterol untuk mengontrol kolesterol dalam darah, sitostatik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, anti inflamasi untuk mengurangi peradangan dan masih banyak lagi.

Melihat dari kandungan dan sifat daun dewa tersebut, pastinya kita sedikit tahu apa saja khasiat dari daun dewa. Namun tak hanya itu saja, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.manfaat-daun-dewa

Inilah Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan dan Pengobatan

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Yang pertama adalah berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Seperti yang sudah dijelaskan tadi daun dewa memiliki sifat  sitostastik yang sangat ampuh untuk mencegah penyakit mematikan ini. tak hanya itu saja beberapa senyawa aktif seperti flavonoid, monoterpen dan seskuiterpen lakton yang terkandung dalam daun ini juga memiliki peranan penting untuk menghambat perkembangan sel tumor ataupun kanker.

Baca juga ketahuilah gejala kanker kelenjar getah bening berikut ini

Lalu bagaimana cara mencegah kanker atau tumor dengan menggunakan daun dewa? Caranya sangat mudah, rebus lah sekitar 15 hingga 20 gram daun dewa yang masih segar dengan 3 gelas air. diamkan hingga mendidih sampai tersisa 1,5 gelas saja. saring rebusan tersebut dan dinginkan. Minumlah 2 kali dalam sehari ramuan tersebut.

Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Manfaat yang kedua adalah berguna untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Salah satu penyakit sistem peredarah darah ini seringkali menyerang seseorang yang mengalami obesitas dan tak memperhatikan pola makan. Oleh karena itu, mulailah menurunkan berat badan jika Anda tak ingin penyakit ini menyerang Anda.

Selain berolahraga, Anda juga harus melakukan pengobatan secara rutin. salah satunya yaitu dengan minum ramuan daun dewa. Carany pun hampir sama seperti dengan cara di atas. Bagaimana? Cukup mudah kan?

Mengobati Demam Berdarah

Manfaat daun dewa selanjutnya adalah untuk mengobati demam berdarah. Demam berdarah juga merupakan penyakit berbahaya yang ditularkan lewat gigitan nyamuk aedes aegypti. Jika terlambat mengobatinya, seringkali penyakit ini dapat mengancam jiwa seseorang.

Selain melakukan pengobatan medis, Anda juga bisa melakukan pengobatan tradisional dengan memanfaatkan daun dewa. Minumlah ramuan yang Anda buat sebanyak 2 kali sehari secara teratur untuk mempercepat penyembuhan.

Mengatasi Kram Perut Saat Haid

Anda juga bisa memanfaatkan daun dewa sebagai obat kram perut saat haid. Seperti yang kita ketahui para wanita sering mengalami gangguan dengan siklus datang bulan yang tidak teratur. Selain mengompres perut dengan air hangat, tak ada salahnya untuk minum ramuan daun dewa untuk mengatasi nyeri perut saat datang bulan.

Baca juga cara ampuh mengatasi nyeri perut saat haid

Mengobati Luka

Jika Anda terluka ringan akibat teriris pisau ataupun jatuh, jangan buru-buru mengobatinya dengan obat merah. Anda bisa menggunakan tumbukan daun dewa lalu mencampurkannya dengan sedikit gula merah untuk mengobati luka tersebut. Hal ini karena daun dewa mengandung sifat anti bakteri dan anti peradangan yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Tempelkan tumbukan daun tersebut pada bagian yang terluka lalu bungkus dengan perban. Jangan lupa mengganti perban dan ganti ramuan tersebut untuk menghindari infeksi.

Mengobati Diabetes

Sama seperti hipertensi, selain disebabkan karena keturunan atau genetik. diabetes juga berisiko menyerang seseorang yang memiliki berat badan berlebih serta pola makan dan gaya dihup yang tidak sehat. Untuk mengobati penyakit ini Anda bisa mengonsumsi rebusan daun dewa secara teratur. Agar rasanya lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti jahe, gula merah ataupun gula batu.

Nah itulah beberapa manfaat daun dewa untuk kesehatan dan pengobata tradisional.

Loading...
daun dewa - gambar daun dewa - manfaat daun dewa - daun - khasiat daun dewa - daun seribu dewa - daun dewa obat - kehebatan daun dewa yg terbaru - hasiat daun mahkota dewa - gambar dbun dewa - manfaat sirih merah dan daun mahkota dewa - Daun dewa gambar - Daun mahkota dewa dn daun dewa bisa mnymbuhkn pnykit apa - daun d - Daun dewa kelenjar getah bening -