Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat sirih merah, mungkin baru kita dengar dibandingkan daun sirih hijau. Ya, daun sirih merupakan tumbuhan yang seringkali dijadikan sebagai tanaman hias oleh masyarakat. Namun, ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa daun sirih merah juga ternyata bisa dijadikan sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bahkan, daun sirih merah yang memiliki nama ilmiah Piper Crocatum ini sudah dijadikan sebagai obat tradisional sejak dulu kala. Bagi Anda yang belum familiar dengan tanaman ini, sirih merah memiliki ciri-ciri memiliki batang hijau keunguan, dengan daun berwarna merah keunguan dan tidak berbunga. Permukaan daunnya sendiri begitu mengkilap dan tidak merata.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

manfaat-daun-sirih-merah-untuk-kesehatan

Minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih merah ini juga memiliki kandungan betiephenol, pati, seskuiterpen, pati, zat samak, gula, diastasa, zat anti jamur, dan antioksidan. Dengan kandungannya inilah, daun sirih merah memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Adapun manfaat daun sirih merah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional, bisa Anda simak di bawah ini.

Mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan

Sama halnya dengan daun sirih hijau, daun sirih merah memiliki sifat antiseptic yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan. Caranya adalah dengan merebus sebanyak 7 lembar daun sirih merah dengan air secukupnya. Setelah itu, gunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan secara teratur.

Mengatasi luka bakar

Untuk mengatasi luka bakar, caranya ambil sejumput daun sirih merah lalu cuci hingga bersih. Peras air daun sirih merah. Setelah itu, beri madu secukupnya dan tempelkan daun sirih yang sudah diperas tadi pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

Mengatasi penyakit maag

Manfaat sirih merah untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi penyakit maag. Adapun cara mengobatinya, ambil beberapa lembar daun sirih merah lalu cuci bersih. Kemudian haluskan sirih merah tadi dengan ditumbuk atau digiling. Lalu, lumurkan dengan air panas secukupnya dan tempelkan pada perut. Ganti ramuan sebanyak 2 kali sehari hingga maag mereda.

Mencegah gusi berdarah

Adapun cara untuk mencegah gusi berdarah dengan sirih merah adalah ambil 4 lembar daun sirih merah, tambahkan dengan 2 gelas air panas. Dinginkan sebentar dan gunakan untuk kumur-kumur.

Mencegah bau mulut

Caranya adalah dengan menyiapkan 3-4 lembar daun sirih merah, cuci dan peras airnya. Lalu, seduh dengan air panas dan minum ramuan tersebut secara teratur. Sirih merah juga bisa dijadikan obat kumur alami pencegah bau mulut.

Mengobati batuk

Daun sirih merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk-batuk. Adapun caranya yaitu, siapkan 15 lembar daun sirih merah dan 3 gelas air. Sebelumnya, cuci daun sirih tersebut hingga bersih lalu didihkan dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Kemudian minum dengan tambahan madu murni. Anda bisa meminum ramuan ini sebanyak 2-3 kali sehari untuk mengobati batuk-batuk.

Itulah beberapa manfaat sirih merah bagi kesehatan beserta cara pengolahannya untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Daun Sirih Merah Untuk Batuk