Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Ikan tuna adalah merupakan salah satu ikan air asin yang masih dalam famili Scombridae dan genus thunnus. Selain itu ikan tuna merupakan ikan yang paling populer di dunia sebagai makanan ikan kaleng yang sangat bergizi dan kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Tapi alangkah baiknya jika ikan tuna dikonsumsi secara langsung tanpa dikemas di dalam kaleng karena manfaat yang di dapatkan jauh lebih besar khususnya bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Selain itu ikan tuna juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan ikan laut lainnya yaitu dapat hidup di dalam air dengan suhu yang sangat dingin, ikan yang memiliki banyak spesies dan merupakan ikan yang paling dan enak dan memiliki zat sangat baik bagi kesehatan. Nah penasaran mengenai manfaat ikan tuna bagi kesehatan? Langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Manfaat Ikan Tuna yang Perlu Diketahui

Mengatasi Stres
Mengenai manfaat ikan tuna yang pertama adalah mengatasi stres. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 dan asam lemak yang esensial pada ikan tuna. Selain itu ikan tuna sangat baik untuk menjaga ketidakseimbangan hormon seseorang khsususnya bagi wanita yang cenderung memiliki hormon yang sangat labil dan pemicu terjadinya stres.

Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh
Ikan tuna memiliki kandungan mineral dan selenium, kedua kandungan tersebut sangat dipercaya memiliki manfaat dalam melancarkan proses detoksifikasi di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja ikan tuna juga dipercaya dapat membantu proses diet.

Menyehatkan Jantung
Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan tuna selain dapat membantu mengurangi stres juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Salah satunya adalah dapat mencegah penyakit kardiovaskulae dan melindungi jantung dari detak jantung yang abnormal.

Meningkatkan Perkembangan Otak
Ikan tuna juga memiliki manfaat untuk meningkatkan perkembangan otak khususnya bagi anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kandungan asam lemak esensial omega 3 yang terdapat dalam ikan tuna. Adapun zat tersebit sangat berkontribusi untuk membantu proses perkembangan otak. Selain itu menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa ikan tuna sangat membantu dalam menenangkan gejala ADHD.

Membantu Sistem Imun Tubuh
Selain memiliki kandungan asam lemak omega 3, ikan tuna juga memiliki kandungan antioksidan dan sumber selenium yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Menjaga sistem kekebalan tubuh memang sangat penting dikarenakan sistem imun bagian integral untuk melawan sumber penyakit dan infeksi.

Sumber Vitamin B
Manfaat ikan tuna yang terakhir adalah sebagai salah satu sumber vitamin B. kandungan vitamim B dalam ikan tuna ini dapat membantu membangun dan memelihara sel-sel darah merah dan meningkatkan energi dalam tubuh.