Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat pengganti gandum dan padi. Selain itu jagung juga sangat kenal sebagai bahan penghasil karbohidrat yang sangat tinggi. Tanaman yang memiliki nama latin zea mays L pertama kali ditemukan di Amerika tengah dan Selatan sebagai sumber karbohidrat utama dan sebagai alternatif sumber pangan penduduk Amerika Serikat. Adapun kandungan karbohidrat dalam biji jagung diantaranya sekitar 80% per batang jagung. Selain menjadi sumber karbohidrat, jagung juga memiliki kandungan lainnya yaitu memiliki kandungan protein, vitamin A, vitamin E, magnesium,dan masih banyak lagi lainnya.

manfaat jagung manis

Dari sisi botani dan agronomi,jagung merupakan tanaman yang memiliki bentuk yang menarik. Sejak abad ke-20 tanaman jagung sudah banyak dijadikan objek penelitian genetika yang sangat intensi. Selain itu dari hasil penelitian tersebut juga ditemukan sebuah fakta bahwa jagung bermanfaat untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Berkaitan dengan manfaat jagung, berikut ini akan kami jelaskan mengenai manfaat jagung bagi kesehatan, diantaranya sebagai berikut !

Inilah Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Jagung memiliki kandungan serat yang sangat banyak yang sangat baik bagi kesehatan organ pencernaan. Adapun masalah yang sering terjadi dalam organ pencernaan adalah sembelit, wasir dan resiko kanker usus besar. Untuk mencegah masalah itu terjadi maka, salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi jagung secara rutin.

Menyehatkan Mata
Mata merupakan panca indra yang sangat penting bagi kehidupan manusia yang harus dijaga kondisi kesehatannya. Untuk menjaga kondisi kesehatan mata bisa dengan rutin mengonsumsi jagung setiap hari. Hal ini dikarenakan jagung memiliki kandungan zeaxanthin, asam folat dan beta karoten yang berfungsi untuk mencegah berbagai jenis penyakit mata.

Melawan Kanker
Manfaat jagung bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat berfungsi untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan dalam jagung memiliki kandungan karbohidrat yang sangat ampuh melawan berbagai jenis kanker dalam tubuh, seperti kanker hati.

Sebagai Sumber Mineral
Jagung memiliki banyak sekali ragam mineral seperti magnesium, tembaga, zat besi, fosfor yang sangat diperlukan bagi kesehatan tulang. Maka dengan begitu jagung dapat menjadi salah satu makanan yang berguna untuk memenuhi asupan mineral dalam tubuh yang sangat baik.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi
Manfaat jagung yang terakhir adalah dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi. Hal ini dikeranakan jagung memiliki kandungan asam folat yang berperan untuk mempengaruhi berat badan bayi. karena itulah alasan jika banyak ibu hamil yang disarankan banyak mengonsumsi jagung secara rutin.

Sekian penjelasan mengenai manfaat jagung bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Jagung Muda Manis Untuk Bayi dan Kecantikan.

Loading...
manfaat dari jagung - mamfaat jagung - manfaat buah jagung - fungsi jagung - manfaat tanaman jagung - manfaat jagung bagi tubuh - manfaat jagung bagi kesehatan tubuh - Tuliskan manfaat jagung - MAMPAAT BUAH JAGUNG - tuliskan manfaat tanaman jagung - manfaat pohon jagung untuk kesehatan - manfaat tumbuhan jagung - manfaatnya jagung - manfast jagung - manfsat jagung ntuk kesehatan -