Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Jengkol atau dalam bahasa ilmiahnya Archidendron pauciflorum, atau Pithecellobium jiringa merupakan tanaman khas di bagian Asia Tenggara. Buah yang memiliki aroma yang sangat tajam ini banyak sekali ditemukan di negara Indonesia yang dijadikan salah satu menu makanan khas Indonesia. Jengkol dapat dihidangkan dengan berbagai menu di antaranya disajikan dalam bentuk lalapan ataupun dalam bentuk sayur. Dari banyaknya orang yang suka dengan makanan olahan dari bahan dasar jengkol, juga ada yang tidak suka karena aromanya yang sangat tajam. Tapi tahukah Anda dibalik aroma tajam dari jengkol tersebut ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Berkaitan dengan manfaat yang terdapat dalam jengkol, ada beberapa hal yang harus diwaspadai ketika mengonsumsi jengkol terutama bagi penderita penyakit gangguan ginjal sebaiknya untuk menghindari mengonsumsi jengkol karena akan semakin memperburuk kondisi kesehatan. Selain itu ketika mengonsumsi jengkol juga dibutuhkan batasan-batasan untuk mendapatkan manfaat jengkol secara maksimal terhindar dari asam jengkolat. Adapun jumlah yang baik untuk mengonsumsi jengkol adalah cukup 3 sampai dengan 10 gram jengkol setiap hari.

Berikut Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Menyehatkan Jantung Koloner

Jengkol yang memiliki banyak kandungan di dalamnya yaitu vitamin, asam jengkolat, mineral dan mengandung banyak serat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan salah satunya dapat menyehatkan bagi penderita jantung koroner.

Mencegah Anemia

Bagi penderita anemia, jengkol memiliki banyak manfaat untuk mengatasi penyakit tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang sangat tinggi ini memiliki peranan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Maka dengan begitu masalah penyakit anemia akan teratasi cukup dengan mengonsumsi jengkol minimal 3 sampai 5 gram setiap hari.

Membasmi Radikal Bebas

Manfaat lain dari jengkol adalah dapat berfungsi untuk membasmi radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C yang sangat berperan sebagai zat antioksidan untuk menangkal zat-zat radikal bebas dalam tubuh.

Mencegah Diabetes

Mengenai manfaat jengkol bagi kesehatan yang paling hebatnya adalah dapat berfungsi untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes. Manfaat jengkol untuk diabetes ini dikarenakan di dalam jengkol terdapat zat yang tidak bsa ditemukan di dalam bahan atau jenis makanan yang lainnya dan zat tersebut adalah asam jengkolat. Asam jengkolat ini merupakan zat yang berupa kristal-kristal yang tidak dapat larut dalam air, maka dari itulah mengapa orang penderita ginjal tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jengkol.

Pembentukan Jaringan Tubuh

Khasiat jengkol selanjutnya adalah untuk pembentukan jaringan tubuh. Selain daging, jengkol kaya akan proten yang baik untuk menjgaga kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan kacang hijau dan kacang kedelai, kandungan protein dalam jengkol lebih banyak, sehingga dapat membantu untuk pembentukan jaringan tubuh.

Mengatasi Perut Buncit

Manfaat jengkol bagi kesehatan berikutnya adalah untuk mengatasi perut yang buncit. Hal ini dikarenakan jengkol kaya akan serat yang dapat membantu Anda untuk melancarkan pencernaan. Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab perut buncit pada seseorang adalah karena BAB yang tidak lancar. Oleh karena itu, selain mengonsumsi buah dan sayur, tak ada salahnya untuk memanfaatkan jengkol untuk melancarkan pencernaan.

Mencegah Janin Lahir Cacat

Setiap orang tua pastinya ingin memilki anak yang sehat dan lahir dalam keadaan normal. Selain berolahraga, selama hamil ibu juga harus mengonsumsi makanan kaya asam folat. Karena asam folat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan janin dan mencegah janin lahir cacat. Salah satu sumber asam folat terbaik yang dapat Anda konsumsi adalah jengkol.

Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Selain dapat digunakan untuk mencegah diabetes, jengkol juga sangat bermanfaat untuk mengontrol gula dalam darah. Glukosa yang terkandung dalam jengkol merupakan glukosa yang paling mudah diurai, sehingga sangat aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mengatasi Masalah Penyempitan Pembuluh Darah

Seseorang yang mengalami masalah pada jantung pastinya ia juga akan mengalami penyempitan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan darah yang menuju jantung menjadi tidak lancar. Akan tetapi jangan khawatir, kandungan mineral pada jengkol dapat membantu tubuh untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Sehingga darah dapat mengalir lebih lancar.

Menstabilkan Organ Vital

Jengkol juga kaya akan vitamin B6 dan asam folat. Jika tubuh terpenuhi asupan vitamin dan nutrisi tersebut organ-organ vital dapat bekerja dan berfungsi dengan baik. Meskipun begitu, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi jengkol, karena akan berakibat buruk bagi kesehatan ginjal.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat jengkol bagi kesehatan. Jika Anda ingin mengonsumsi jengkol tapi takut dengan aroma yang tajam sekarang Anda tidak perlu khawatir karena aroma tajam dapat di atasi dengan cara meminum kopi setelah mengonsumsi jengkol dan bisa dipastikan cara ini sangatlah efektif untuk menghilangkan aroma tajam tersebut.

manfaat jengkol bagi kesehatan -