Manfaat Jus , Biji , Daun, Buah Alpukat

By Categories : Manfaat

Siapa yang tak kenal buah alpukat? Buah yang hampir semua orang suka ini ternyata memiliki banyak khasiat. Manfaat buah alpukat sendiri selain untuk kesehatan juga sangat berkhasiat bagi perawatan kecantikan. Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dengan kandungan 14 mineral dan 11 vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Jus dan Daun Alpukat

Tak hanya kandungan vitaminnya saja yang cukup tinggi, alpukat juga memiliki kandungan lemak tinggi dan tentunya sangat baik bagi tubuh. Jadi, bergembiralah bagi Anda yang menyukai jus alpukat karena Anda akan mendapatkan berbagai manfaat jus alpukat yang baik bagi tubuh dan juga kulit.

manfaat-jus-biji-buah-alpukat

Alpukat dengan nama ilmiah Persa Americana ini ternyata memiliki khasiat yang juga terdapat pada daun dan bijinya. Sebelum kita membahas berbagai macam khasiat dari buah alpukat, ada baiknya kita membahas manfaat daun alpukat terlebih dahulu untuk Anda.

– Mengobati sakit perut

Anda bisa memanfaatkan daun alpukat untuk mengobati sakit perut. Adapun caranya dengan mengambil 6 gram rimpang kunyit, 5-7 lembar daun alpukat, 6 gram daun pegagan, dan 5 gram akar temu kelinci. Caranya, campur dan rebus semua bahan-bahan di atas dengan 125 ml air dan didihkan. Setelah mendidih, matikan kompor lalu dinginkan ramuan yang sudah direbus tadi. Untuk mengobati sakit perut, minum air rebusan tersebut sehari 1 gelas.

– Mengobati sakit pinggang

Cara mengobati sakit pinggang dengan daun alpukat ini yaitu dengan mengambil 5-6 lembar daun alpukat lalu rebus dengan 2 gelas air dan didihkan hingga tersisa setengahnya lagi. Setelah itu, diamkan air rebusan tadi selama 1 malam, lalu minum di keesokan harinya.

– Mengobati darah tinggi

Caranya dalam mengobati darah tinggi dengan mengambil 3-4 lembar daun alpukat, cuci hingga bersih lalu seduh ke dalam segelas air panas. Kemudian dinginkan dan minum air daun alpukat tadi setiap hari 1 gelas.

Manfaat Biji Alpukat

Selain daunnya, alpukat juga memiliki manfaat yang terdapat pada bijinya. Adapun manfaat biji alpukat antara lain:

– Mengobati diabetes mellitus (DM)

Untuk mengobati DM, caranya adalah ambil 1 buah biji alpukat dan cuci bersih dan panggang biji buah alpukat hingga kecoklatan. Setelah itu, potong kecil-kecil biji buah alpukat yang sudah berubah warna lalu rebus hingga matang. Minum air rebusan tadi sekali sehari setiap hari.

– Mengobati sakit maag

Bagi Anda yang sering mengalami penyakit maag bisa menggunakan cara ini. Cara pengobatan dengan biji alpukat adalah ambil biji buah alpukat lalu parut sampai halus kemudian campur dengan 100 ml air matang. Setelah tercampur, saring untuk memisahkan air dan ampasnya. Minum air tersebut dengan rutin.

Sementara itu, khasiat dari daun alpukat jika kita mengkonsumsinya setiap hari, maka akan mendapat beberapa keuntungan bagi kesehatan dan kecantikan tubuh antara lain:

– Menyehatkan kulit dan rambut

– Sebagai anti inflamasi atau anti peradangan

– Mencegah kanker

– Mengontrol gula darah

– Menurunkan tekanan darah

– Menurunkan kolesterol

– Mengobati mata bengkak

– Menghaluskan kulit

Ya, itulah berbagai macam manfaat buah alpukat beserta khasiat daun dan bijinya yang wajib kita ketahui. Maka, bagi Anda yang menyukai buah alpukat ini akan mendapatkan berbagai macam dampak positif bagi kesehatan dan kecantikan tubuh Anda!