Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Kapulaga merupakan rempah-rempah tradisional yang sudah sangat dikenal dengan berbagai macam manfaatnya. Selama ini kapulaga juga dikenal sebagai salah satu jenis rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Selain sebagai bumbu dapur ternyata kapulaga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kapulaga memiliki kandungan zat yangg sangat dibutuhkan oleh tubuh. diantaranya karbohidrat, berbagai macam vitamin, kalsium , magnesium dan masih banyak lagi lainnya. Maka dari itulah tidak heran jika kapulaga memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Adapun manfaat kapulaga bagi kesehatan memang sudah sangat dikenal sejak lama tepatnya dalam pengobatan Ayurvedik.

manfaat kapulaga

Kapulaga atau sering disebut juga amomum cardamomum adalah merupakan tanaman yang liar. Kapulaga memiliki aroma yang sangat khas dan dulu sering dimanfaatkan sebagai minyak atsiri yang digunakan untuk mengatasi segala macam penyakit. Nah berkaitan dengan manfaat kapulaga bagi kesehatan berikut ini akan kami jelaskan secara detail sebagai berikut :

Inilah Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Lambung
Dengan mengonsumsi kapulaga dapat meningkatkan kondisi kesehatan organ lambung dalam proses pencernaan makanan. Selain itu kapulaga juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit yang disebabkan karena kekurangan serat dalam tubuh. masih berkaitan dengan manfaat kabulaga bagi kesehatan lambung. Minyak atsiri yang ebrasal dari kapulaga bermanfaat mengatasi perut kembung dan berbaga masalah lainnya.

Meningkatkan Peredaran Darah
Manfaat kapulaga bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan peredaran darah. Hal ini dikarenakan kapulaga memiliki kandungan kalium dan serat di dalamnya. Maka dengan hanya mengonsumsi kapulaga setiap hari akan membuat tekanan darah menjadi normal.

Menghilangkan Rasa Nyeri
Kapulaga memiliki sifat analgesik yang berfungsi untuk menhilangkan ras nyeri otot, rasa sakit dan berbagai masalah lainnya dalam tubuh. selain itu kapulaga juga bersifat sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan pada gusi. Maka dari itu bagi Anda yang memiliki masalah pada gusi atau gigi, Anda dapat menggunakan kapulaga sebagai salah satu obatnya.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa kapulaga juga memiliki sifat diuretik yang sangat berperan bagi kesehatan ginjal. Selain itu kandungan tersebit juga berfungsi sebagai salah satu obat untuk mengatasi penyakit saluran kemih seperti sistitis dan nefritis.

Mencegah kanker
Manfaat kapulaga bagi kesehatan yang terakhir adalah berperan sebagai pencegah kanker dalam tubuh seseorang. hal ini dikarenakan kapulaga memiliki sifat anti-karsinogen dan fitokimia yang sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah kanker. Seperti kanker prostat dan kanker ovarium.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat kapulaga bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Semoga dengan penjelasan kalii ini dapat menambah pengetahuan bagi kita semua terkait manfaat kapulaga itu sendiri. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan.

Loading...
manfaat buah kapulaga - manfaat kapulaga -