Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

By Categories : Manfaat

Apakah Anda tahu apa itu kolagen? Kata kolagen yaitu berasal dari bahasa yunani yang berarti kola (gula) dan gen (produksi), maka bisa disimpulkan kolagen adalah lekat atau menghasilkan pelekat. Selain itu kolagen juga merupakan salah satu protein penyusun tubuh manusia dengan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi,otot, dan kulit. Dalam tubuh kita banyak sekali terdapat jenis kolagen dengan fungsinya masing-masing diantaranya terdapat 27 jenis kolagen. Namun dengan bertambahnya usia kolagen akan mengalami proses penurunan dan tentu hal ini akan menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan tubuh di antaranya bagi kesehatan tulang, muncul kerutan pada kulit wajah, masalah persendian dan lainnya.

manfaat kolagen bagi kesehatan

Maka dari itulah mengapa kolagen sangat penting atau bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Adapun jenis kolagen yang memiliki peranan sangat penting bagi kesehatan terbagi menjadi dua di antaranya kolagen alami dan sintetis. Kolagen sintetis biasanya bisa kita temukan dalam bentuk obat-obatan, sedangkan untuk kolegen alami bisa kita dapatkan pada sumber makanan organik seperti buah-buahan, sayuran, ikan dan lain sebagainya. Lalu apa sajakah manfaat kolagen bagi kesehatan manusia ? Simak saja ulasan sebagai berikut.

Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan

Menjaga Kekuatan Otot

Kolagen memiliki kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan struktur otot yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu kolagen juga bukan hanya dapat membuat serat otot rangka melainkan juga dapat membuat otot polos maka dari itulah kolagen sangat baik untuk menjaga kekuatan otot. Makanan yang banyak mengandung kolagen adalah daging, ikan, telur dan yoghurt yang mungkin dapat menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan masa otot Anda.

Mengatur Peredaran Darah dan Kesehatan Mata

Kolagen memiliki fungsi membentuk dinding pembuluh darah, arteri dan kapiler yang dapat memberikan kekuatan pada dinding darah. Selain itu kolagen juga memiliki manfaat yang lainnya yaitu menjaga sistem penglihatan kita dengan membentuk cakram optik supaya membuat penglihatan menjadi lebih normal.

Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Menurut sebuah penelitian FDA (Food And Drug Administration) mengatakan bahwa kolagen memiliki peran dalam proses regenerasi tulang rawan yang mengandung 70 % kolagen jaringan ikat yang berada di dalam bagian artikular kartilago dan meniskus. Nah bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi, cukup 2 cangkir sehari Anda akan mendapatkan sumber kolagen yang baik untuk tubuh.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Manfaat kolagen yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku. Dimana kolagen tersebut berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat kuku. Sumber kolagen alami terdapat pada makanan sebagai berikut tomat, apel, pepaya, anggur, dan wortel.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kolagen bagi kesehatan tubuh manusia. Baca juga artikel tentang Manfaat bunga kol bagi kesehatan.

manfaat kolagen - manfaat collagen - kolagen - Apa itu kolagen - fungsi kolagen - apa itu colagen - peran bagian bahan makanan berprotein bagi kesehatan tubuh -