Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki banyak warna, ada lobak yang berwarna putih, lobak berwarna ungu dan bahkan merah. Selain dimanfaakan sebagai bahan makanan, kandungan vitamin dan nutrisi dalam lobak putih juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. kandungan gizi yang terdapat dalam lobak putih antara lain, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, niasin, mangan, kolon, asam oksalat, kalsium, zat besi, fosfor, dan lainnya.

manfaat lobak putih

Satu tips yang tepat memasak lobak adalah rendamlah lobak ke dalam air es. Sehingga pada saat dimasak ataupun dimakan secara langsung lobak akan terasa semakin renyah dan enak. Lantas apa saja manfaat lobak putih untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Inilah khasiat lobak putih untuk kesehatan dan kecantikan

Mengatasi batu ginjal

Yang pertama adalah berguna untuk mengatasi batu ginjal. Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa kandungan vitamin dalam lobak dapat menjadi salah satu obat paling ampuh yang berguna untuk mengobati penyakit pada ginjal, salah satunya yaitu batu ginjal. Lobak yang diolah menjadi jus lebih efektif dalam mengobati dan menghilangkan batu ginjal jika dibandingkandiolah dalam bentuk lain. Tak hanya itu saja, jus lobak juga berguna untuk mencegah pembentukan batu ginjal kembali.

Mengobati penyakit kuning

Yang kedua adalah berguna untuk mengobati penyakit kuning. Bagi Anda yang memiliki penyakit kuning tak ada salahnya untuk memanfaatkan sayuran ini sebagai obat. Kandungan zat baik dalam lobak putih sangat ampuh untuk melenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan.

Mengobati jamur

Manfaat lobak putih selanjutnya adalah berguna untuk mengobati jamur. Lobak putih mengandung enzim-enzim seperti enzim mirosinase, enzim diastase, enzim esterases dan juga anzim amilase yang berguna untuk membunuh jamur-jamu. Tak hanya itu saja, enzim tersebut juga sangat ampuh untuk melawan zat-zat berbahaya seperti virus ataupun parasit yang ada di dalam tubuh.

Mengatasi kanker

Tahukah Anda bahwa lobak putih merupakan salah satu makanan pencegah kanker serta dapat membantu pengobatan pada penyakit kanker. Vitamin C, antosianin dan asam folic pada lobak putih dapat membantu untuk menangkal radikal-radikal bebas penyebab penyakit kanker dan penyakit berbahaya lainnya. oleh karena itu, tak ada salahnya untuk meminum jus lobak putih secara teratur.

Mengatasi kulit kering dan berjerawat

Selain bermanfaat untuk kesehatan, lobak putih juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kecantikan yaitu dapat membantu Anda untuk mengatasi kulit kering dan berjerawat. Kandungan air yang  banyak dalam lobak putih akan membantu kulit menjadi lebih sehat dan lembab. Sehingga masalah kulit kering dapat diatasi. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C, vitamin B komplek, zink dan fosfor juga dapat membuat kulit tampak cerah dan sehat.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat lobak putih untuk kesehatan.

Loading...
kebaikan lobak putih -