Manfaat Menangis Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Manfaat

Setiap orang tentu saja pernah mengalami namanya menangis dan tanpa mengenal usia sekalipun entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Ketika orang yang sedang menangis pasti ditandai dengan mata memerah hingga bengkak. Namun dibalik itu semua, manangis atau mengeluarkan air mata tenyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat menangis bagi kesehatan belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang, maka dari itulah penjelasana kali ini akan sedikit memaparkan apa saja manfaat dari menangis tersebut. Supaya orang yang menganggap menangis sesuatu yang hanya membung energi menjadi berpikir lebih positif karena pada dasarnya menangis bukan hal yang hanya amarah dari rasa kekecewaan semata, melainkan bisa sebagai bentuk sebuah kebagaiaan.

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Berikut Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Menyehatkan Penglihatan

Manfaat menangis bagi kesehatan yang pertama adalah menyehatkan penglihatan. Air mata yang keluar ketika menangis tersebut mampu menyahatkan mata meskipun ketika menangis selalu ditandai dengan mata memerah ataupun bengkak. Hal itu hanya respon ketika mata sudah merasa lelah dan itu bersifat sementara saja. Cairan yang keluar dari mata itu sendiri mencegah dehidrasi pada membra mata yang mmapu membuat penglihatan seseorang menjadi kabur. Bagi Anda yang sering melakukan aktifitas di depan komputer, cara menjaga kesehatan mata seperti ini juga bisa Anda coba di rumah.

Mampu Membunuh Bakteri

Untuk mengeluarkan atau membunuh bakteri tidak perlu menggunakan obat tetes mata. Karena dengan mengeluarka air mata atau menangis tersebut mampu mengeluarkan berbagai bakteri secara alami. Di dalam mata terdapat cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90 persen bakteri yang berasal udara atau tangan kita yang kotor saat menyentuh mata.

Mengeluarkan Racun

Pendapat seorang ahli biokimia yaitu William Frey yang telah melakukan berbagai studi mengenai air mata mengatakan bahwa air mata yang keluar itu ternyata mengandung banyak racun di dalamnya. Racun yang terdapat di dalam mata sangat berbahaya jika dibiarkan terus-menerus, sehingga dengan keluarnya air mata maka racun tersebut akan ikut terbawa keluar yang membuat mata kita lebih sehat.

Mengurangi Stress

Selain mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, manangis juga bermanfaat untuk mengurangi stress. Ini merupakan salah satu cara mudah mengatasi stres yang bisa Anda coba. Air mata yang keluar ketika menangis akan mengeluarkan hormon stress yang terdapat dalam tubuh. Adapun hormonnya bernama endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain mampu menurunkan level stres seseorang, menangis juga mampu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti penyakit tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa manfaat menangis bagi kesehatan. Sekarang sudah cukup tahu kan manfaat dari menangis itu sendiri. Meskipun menangis bermanfaat sekali bagi kesehatan, Anda juga tidak perlu menangis sepanjang hari karena justru tidak baik untuk mental Anda.