Manfaat Minyak Atsiri Mawar Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Minyak atsiri merupakan salah satu minyak yang menjadi populer dengan seiring perkembangan era baru perawatan alternatif. Untuk jenis minyak atsiri itu sendiri banyak diantaranya dari tumbuhan serai, mawar, melati, lavender dan masih banyak lagi. Namun untuk minyak atsiri yang saat ini banyak sekali di gunakan oleh masyarakat adalah jenis minyak arsiri mawar yang di ekstrak dengan destilasi uap segar dari bunga mawar berjenis damaskus rose (rose damascena). Minyak atsiri mawar ini memang sudah sangat dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini dikarenakan oleh kandungan senyawa sintronelol, citrat, carnove dan etanol. Selain itu minyak atsiri ini juga merupakan salah satu minyak yang memiliki tingkat keharuman yang sangat tinggi dibanding dengan minyak atsiri yang lainnya.

Minyak Atsiri Mawar

Menurut sejarawan minyak atsiri sudah selama berabad-abad digunakan oleh masyarakat Asia seperti Indonesia, Malaysia, India, China dan Brazil sebagai minyak untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Minyak atsiri ini pada awalnya di peroleh dengan cara penyulingan tanaman yang akan digunakan seperti bunga mawar, daun nilam, serai, dan masih banyak lainnya dengan cara seperti direbus, kukus, dan penyulingan menggunakan uap. Namun dengan perkembangan zaman sekarang tentu saja prosesnya lebih canggih di banding zaman dahulu yaitu dengan menggunakan teknologi yang berkembang pada saat ini. Nah berkaitan dengan minyak atsiri, berikut akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat yang diperoleh dari minyak atsiri mawar khsusnya bagi kesehatan. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut !

Berikut Manfaat Minyak Atsiri Mawar Bagi Kesehatan

Menghilangkan Stres

Minyak atsiri memang sangat dipercaya untuk menghilangkan beban pikiran yang membuat efek stres pada seseorang. Hal ini dikarenakan aroma dari minyak atsiri yang sangat enak dan membuat siapa pun menjadi lebih rileks dibandingkan sebelumnya.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Selain dapat meredakan atau menghilangkan stres, minyak atsiri mawar juga sangat memiliki mangfaat sebagai salah satu obat yang dapat menyembuhkan penyakit kulit yang disebabkan bakteri, virus dan jamur. Hal ini dikarenakan adanya penetrasi dari antibiotik konvensional yang dihasilkan oleh minyak atsiri mawar.

Antiseptik

Manfaat selanjutnya dari minyak atsiri adalah sebagai antiseptik. Hal ini dibuktikan dengan uji lab Dinas Kesehatan bahwa minyak atsiri mampu menghancurkan semua bakteri uji dan virus sekaligus bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Dengan membantu meningkatkan asimilasi nutrisi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Detoksifikasi

Selain bermanfaat sebagai antiseptik, minyak atsiri juga memiliki manfaat sebagai detoktifikasi sel dan darah dalam tubuh diantaranya sebagai berikut :

  • Menghapus partikel logam dan racun yang berasal dari udara

  • Meningkatkan oksigen atmosfir

  • Menghancurkan bau dan menmbuat aroma menjadi segar

  • Meningfkatkan ion negatif yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dalam pada tubuh.

    Nah itulah merupakan penjelasan mengenai manfaat minyak atsiri mawar bagi kesehatan. Baca juga artiikel terkait lainnya Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan.

manfaat minyak mawar pada bayi -