Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Ketombe

By Categories : Tips Perawatan

Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe memang sudah dipercaya ampuh sejak zaman dahulu. Ketombe merupakan masalah pada rambut yang paling umum di alami oleh banyak orang hingga saat ini. Kotembe disebabkan karena kulit kepala yang mengelupas.

Rambut yang berketombe akan menyebabkan gatal di kulit kepala. Selain itu, rambut berketombe dalam waktu tertentu juga bisa menyebabkan rambut rontok. Biasanya orang memiliki rambut berketombe akan merasa tidak percaya diri. Menjaga rambut agar terhindar dari berbagai masalah seperti ketombe, rambut rontok, dan bercabang merupakan tugas yang berat bagi sebagian orang. Masalah tersebut biasanya ditimbulkan karena polusi, diet tidak sehat, dan penggunaan bahan kimia. Adapun penyebab rambut berketombe lainnya adalah sebagai berikut.

  • Kulit berminyak

Ini merupakan kondisi yang paling sering dialami oleh semua orang. Kulit kepala berminyak merupakan salah satu penyebab dari rambut berketombe. Biasanya ditandai dengan kulit kepala berwarna merah, mengandung minyak, dan bersisik.

  • Jarang keramas

Bagi Anda yang tidak teratur untuk mencuci rambut dan memiliki kulit berminyak maka sangat berpotensi terkena ketombe. Cuci lah rambut Anda setidaknya 2-3 kali seminggu.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Ketombe

Untuk itu Anda diharuskan melakukan perawatan rambut agar kecantikan serta penampilan Anda tetap terjaga. Namun, perlu Anda ketahui jika perawatan rambut tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih bahan-bahan yang cocok untuk jenis rambut dan kulit kepala Anda. Pemilihan bahan yang salah bukan tidak mungkin justru akan menimbulkan masalah baru di kulit kepala Anda. Salah satu bahan yang bisa Anda gunakan adalah minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe memang terbukti efektif. Minyak zaitun memang sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan.

Cara Menghilangkan ketombe dengan Minyak Zaitun

Menghilangkan ketombe menggunakan minyak zaitun merupakan pilihan yang tepat. Ini karena minyak zaitun mengandung nutrisi yang cukup tinggi seperti vitamin D, vitamin E, Biotin, serta Niacin. Selain itu minyak zaitun juga dapat mencegah hormon dihidrotestosteron yang berguna dalam pembentukan batang rambut. Minyak zaitun juga merupakan anti bakteri dan anti jamur alami, sehingga dapat memulihkan masalah rambut akibat penggunaan kimia. Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun dan alpukat

Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe dapat Anda campurkan dengan buah alpukat. Cara ini terbukti cukup efektif untuk rambut berketombe serta dapat membuat rambut terlihat lebih sehat dan berkilau. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan dua sendok minyak zaitun dengan buah alpukar. Campur hingga rata kemudian oleskan campuran tersebut pada rambut dan Anda dapat memijatnya dengan lembut selama beberapa menit. Anda dapat melakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu secara rutin.

Minyak zaitun dan tea tree oil

Kandungan minyak zaitun mampu melembabkan kulit kepala serta mengurangi pengelupasan yang berhubungan dengan ketombe. Cara melakukannya Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh dan minyak zaitun. Kemudian Anda oleskan di bagian kulit kepala secara merawta. Langkah terahkir adalah bilas menggunakan air bersih. Anda dapat menggunakan cara ini sekitar 2 minggun sekali.

Minyak zaitun dan minyak almond

Manfaat minyak zaitun untuk ketombe lebih maksimal jika dicampurkan dengan minyak almond. Campurkan kedua bahan tersebut dengan takaran yang sama rata. Oleskan pada kulit kepala secara merata sambil dipijat pelan. Diamkan beberapa menit agar kedua bahan tersebut meresap kemudian bilas menggunakan air bersih.

Minyak zaitun dan cuka sari apel

Cara lain untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan minyak zaitun dan cuka sari apel. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memijat rambut menggunakan minyak zaitun beberapa menit. Setelah rata bilas menggunakan cuka sari apel. Langkah terakhir adalah bersihkan menggunakan shampo dan sedikit kondisioner. Proses ini mampu memperbaiki kondisi rambut dan kulit di kepala yang mengering.

Minyak zaitun dan minyak kelapa

Selanjutnya adalah mencampurkan minyak zaitun dengan minyak kelapa. Caranya adalah ambil minyak zaitun dan minyak kelapa dengan takaran yang sama ke dalam wadah. Kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat. Setelah itu diamkan hingga 1 jam dan bilas menggunakan shampo. Campuran minyak zaitun dan minyak kelapa mampu membuat rambut menjadi kuat dan mencegah kulit kering.

Minyak zaitun dan madu

Cara selanjutnya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun menggunakan madu. Madu mengandung zat anti inflamasi yang berguna untuk melembabkan kulit kepala serta mampu menghilangkan ketombe. Caranya adalah degan mencampurkan setengah cangkir minyak zaitun yang telah dipanaskan dengan 2 sendok makan madu. Oleskan di bagian kulit kepala dan pijat selama 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

baca juga : cara merawat rambut rusak alami

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Agar hasilnya lebih maksimal Anda juga harus selalu menjaga kebersihan rambut

Loading...
cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun - menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun - minyak zaitun untuk ketombe - minyak zaitun bisa menghilangkan ketombe - apakah minyak zaitun bisa menghilangkan ketombe - cara mengatasi ketombe dengan minyak zaitun - cara menghilanhkan ketombe dengan minyak zaitun - cara menghilangkan ketombe dg minyak zaitun - cara menggunakan minyak zaitun untuk ketombe - cara membersihkan ketombe dengan minyak zaitun - cara bersihkan ketombe pake minyak zaitun - cara menghilangkan kerombe dengan minyak zaitun - cara mengatasi ketombe akibat penggunaan minyak zaitun pada rambut - uang koin dan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe - Cara mengikangkan ketombe dngn menggunakan minyak zaitun -