Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

By Categories : Manfaat

Tidak seperti mesin yang akan rusak apabila digunakan terus menerus, tubuh kita justru akan makin sehat bila digunakan untuk bergerak dan beraktifitas selama tidak berlebihan. Salah satu cara untuk mencapai kesehatan yang optimal adalah dengan berolahraga secara teratur.

manfaat olahraga

Manfaat olahraga bagi tubuh sangat banyak, disini kita akan membahas manfaat olahraga bagi jasmani dan rohani. Beberapa manfaat berolahraga:

1. Membantu mengontrol berat badan
Olahraga dapat membantu mencapai berat badan ideal yang sehat. Saat berolahraga kalori akan dibakar, kelebihan lemak tubuh akan diubah menjadi energi, bahkan metabolisme tubuh akan tetap tinggi meskipun kita selesai berolahraga.

2. Olahraga membantu meningkatkan mood
Sedang sedih atau galau? jangan khawatir karena ada banyak cara untuk meningkatkan mood supaya menjadi lebih baik. Salah satu cara yang efektif adalah dengan berolahraga secara. Luangkan waktu 30 menit untuk berjalan-jalan agak cepat saat mood sedang tidak begitu baik dan perhatikan mood anda setelahnya.

3. Manfaat olahraga dalam mencegah berbagai penyakit
Khawatir dengan penyakit jantung? atau ingin mencegah tekanan darah tinggi? Olahraga ringan yang teratur mampu mengendalikan resiko berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Olahraga dapat menurunkan LDL, trigliserid dan mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Tidak hanya itu saja olahraga juga dapat mencegah stroke, dibetes tipe 2, sindrom metabolik, kanker dan radang sendi.

4. Meningkatkan energi
Jika anda kesehariannya kurang bersemangat dan merasa tubuh kekurangan energi, olahraga mungkin bisa menjadi solusi kondisi ini. Aktifitas fisik dapat meningkatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang sampai ke sel akibatnya kekuatan otot meningkat, daya tahan juga meningkat. Olahraga membuat jantung dan paru-paru berkerja secara efisien sehingga energi yang dihasilkan menjadi semakin besar, siap untuk digunakan untuk segala aktifitas anda.

5. Meningkatkan memori
produktifitas hippocampus akan meningkat saat kita mengeluarkan keringat. bagian otak ini berfungsi untuk meningkatkan memori. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga manula dapat mendapatkan manfaat ini.

Yang perlu diperhatikan pada saat berolahraga adalah tidak berlebihan. Seringkali kita terlalu asik saat berolahraga atau memiliki motivasi berlebihan ingin menurunkan berat badan sehingga sampai olahraga berat selama berjam-jam. Jika dibiarkan terus menerus bukannya manfaat yang didapat justru kita bisa mengalami kondisi overtraining dimana tubuh akan kelelahan, daya tahan tubuh turun dan rasa sakit disekujur tubuh.

Olahraga sebaiknya dengan intensitas ringan-sedang dengan durasi kurang lebih 30 menit per sesi. Olahraga selama setengah jam 3-5 kali seminggu lebih baik daripada olahraga 2 jam hanya sekali seminggu.

manfaat olahraga - manfaat olahraga bagi tubuh - manfaat berolahraga - manfaat olah raga - manfaat olahraga bagi kesehatan - apa manfaat olahraga bagi tubuh - kegunaan olahraga - sebutkan beberapa manfaat tubuh - manfaat dari olahraga - manfaat berolahraga bagi tubuh - manfaat olahraga bagi kesehatan manusia - manfaat dan dampak olahraga bagi tubuh - mengapa olahraga dapat membantu kebugaran fisik di tubuh jelaskan - sebutkan manfaat yang di hasilkan setelah berolahraga - jelaskan pengaruh olah raga pada tubuh kita -