Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Paling Lengkap

By Categories : Manfaat

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia tentu saja sudah diketahui oleh banyak orang. Namun bagi Anda yang tidak mengetahui manfaat berpuasa, tak perlu khawatir karena kali ini akan membahas mengenani khasiat berpuasa untuk kesehatan tubuh paling lengkap. Sebelum membahas mengenai hal ini, terlebih dulu simak ulasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Dan sebentar lagi umat muslim akan menyambut bulan suci ini. Salah satu hal yang harus dipersiapkan seluruh umat muslim adalah kesehatan. Dengan tubuh yang sehat pastinya kita akan mampu menjalani puasa Ramadhan tahun ini. Namun tak sedikit orang yang mengatakan bahwa puasa dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tak berdaya. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa berpuasa justru dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita?Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh

Berbagai penelitian telah dilakukan para ilmuwan baik dalam ilmu medis modern ataupun dalam penelitian ilmiah. Penelitian tersebut menyatakan bahwa berpuasa tidak memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Justru malah sebaliknya, puasa dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Lantas apa sebenarnya manfaat puasa untuk kesehatan tubuh manusia? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Para Ahli

Menurunkan Glukosa dan Berat Badan

Manfaat puasa yang pertama adalah dapat menurunkan glukosa dan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan pada 81 mahasiswa Univesitas Teheran of Medical Sciences saat berpuasa ini mengevaluasi beberapa hal, seperti indek massa tubuh, berat badan,kolesterol, glukosa dan juga trigliderida. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa selama berpuasa terjadi penurunan berat badan dan glukosa yang cukup signifikan.

Menurut dr Siri Setiati, SpPD, spesialis penyakit dalam  dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berpuasa juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan ketika berpuas, jumlah kalori makanan yang dikonsumsi akan berkurang. Pembatan jumlah kalori ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit berbahaya seperti diabetes hingga kanker.

Baca juga  inilah manfaat dan tips puasa saat hamil yang perlu diketahui

Aman Untuk Ibu Hamil

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali ibu hamil yang seringkali bertanya amankah puasa saat hamil? Tak perlu khawatir, penelitian di Departemen Obstetri dan Ginekologi dari Gaziantep Universitas Hospital, terhadap 36 wanita sehat dengan kehamilan tanpa komplikasi menyatakan puasa tidak akan mempengaruhi kesehatan ataupun bentuk dari janin itu sendiri.

Oleh karena itu, tak perlu khawatir jika ingin melaksanakan kegiatan yang satu ini. Meskipun diperbolehkan, Anda tetap harus mementingkan kesehatan Anda dan janin. Jika dirasa tidak kuat Anda boleh tidak berpuasa dan menggantinya di hari yang lain.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sudah dijelaskan tadi bahwa salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah dapat menurunkan berat badan. DR dr Ari Fahrial Syam, SpPD, ahli kesehatan pencernaan dari RSUPN Cipto Mangunkusumo mengatakan bahwa jika seseorang mengalami penurunan berat badan, pastinya akan diikuti dengan penurunan kolesterol, lemak dan juga radikal bebas. Jika beberapa hal tersebut teratasi pastinya jantung akan lebih sehat.

Tak hanya itu saja, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ketika puasa tubuh akan mengalami peningkatan HDL dan apoprotein alfa 1. Jika ini terjadi pembuluh darah tentu saja akan lebih sehat dan dapat menurunkan resiko seseorang mengalami penyakit jantung.manfaat puasa untuk kesehatan jantung

Dapat Meningkatkan Konsentrasi Urine

Ketika tidak berpuasa kita diharuskan untuk minum ar putih sebanyak 2 liter dalam setiap harinya. Namun ketika puasa kita akan menahan haus dan juga lapar. Hal ini justru memiliki manfaat baik bagi salah satu organ tubuh, yaitu ginjal. Tidak minum air selama puasa sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi urine dalam ginjal serta meningkatan kekuatan osmosis urine.

Dalam keadaan tertentu, hal ini dapat meningkatkan fungsi atau kinerja ginjal itu sendiri. Karena kurang air ketika puasa dapat meminimalkan volume air yang ada di dalam darah yang pada akhirnya dapat memacu fungsi dan kinerja sel darah merah. Meskipun begitu ketika sahur dan buka puasa Anda tetap harus mencukupi kebutuhan air agar tidak dehidrasi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tak hanya vitamin C saja yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, puasa juga memiiliki manfaat yang sama. Penelitian menunjukkan ketika puasa, di dalam tubuh akan terjadi peningkatkan limfosit hingga 10 kali lipat. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa ketika puasa akan terjadi penurunan kadar apo-betta dan kenaikan kadar apo-alfa1. Kondisi ini dapat membantu Anda untuk menurunkan resiko penyakit pembuluh darah dan juga penyakit jantung.

Baca juga cara melancarkan BAB saat puasa secara alami

Demikianlah ulasan mengenai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, puasa juga dapat menurunkan adrenalin. Sehingga dapat mencegah penyakit stroke, jantung koroner dan menyehatkan pembuluh darah.

Loading...
manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh - Khasiat puasa bagi kesehatan - manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia - manfaat puasa bagi kesehatan -