Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

By Categories : Manfaat

Sit up merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan tubuh. Banyak sekali manfaat sit up yang bisa kita dapatkan, terutama untuk mengencangkan otot-otot tubuh. Adapun otot yang dapat dikencangkan ketika latihan sit up ini adalah otot perut. Sehingga, tak sedikit orang melakukan sit up demi mengecilkan perut yang buncit.

Manfaat Sit Up Bagi Wanita

Manfaat sit up bagi wanita sendiri memiliki efek melangsingkan tubuh. Oleh karena itulah, sit up menjadi salah satu latihan yang wajib dilakukan dalam program diet sehat. Meskipun begitu, kita juga harus menyeimbangkannya dengan berbagai latihan fisik lainnya agar perut menjadi lebih langsing.

Manfaat Sit Up Bagi Pria

manfaat-sit-up-wanita-pria-bagi-kesehatan

Sebenarnya, sit up hanyalah penunjang untuk memperkuat otot-otot tubuh. Latihan aerobik sendiri berperan dalam pembakaran kalori di dalam perut. Oleh karena itu, sit up tanpa diimbangi dengan latihan fisik lainnya tidak akan membuat Anda menjadi lebih langsing.

Tak hanya bagi kaum wanita, manfaat sit up bagi pria terbukti dapat meningkatkan kinerja hormon testosteron yang dapat meminimalisir resiko osteoporosis bagi kaum pria. Apalagi jika Anda melakukan sit up dengan rutin dan benar, maka Anda akan mendapatkan manfaat lainnya dari sit up.

Cara Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh

Agar kita mendapatkan berbagai manfaat sit up bagi kesehatan, maka kita harus melakukan latihan sit up dengan gerakan yang benar. Adapun langkah-langkah sit up yang benar adalah sebagai berikut:

1. Melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk membiasakan otot-otot tubuh.

2. Siapkan matras atau alas di lantai agar tidak menimbulkan cedera pada punggung. Lalu baringkan tubuh di lantai.

3. Tekuk kaki hingga membentuk sudut 45 derajat dengan posisi telapak kaki rata di lantai.

4. Kemudian letakkan tangan di belakang kepala Anda.

5. Kemudian angkat tubuh secara perlahan. Ingat, ketika tubuh di angkat jangan lupa untuk tarik napas dan tahan di perut.

6. Angkat tubuh hingga 90 derajat berada di atas sambil hembuskan nafas perlahan. Kemudian atur nafas dan utamakan gerakan pada perut ketika mengangkat badan.

7. Turunkan kembali tubuh Anda secara perlahan lalu tarik nafas dalam-dalam, dan tahan. Sehingga Anda akan merasakan terjadinya kontraksi pada otot-otot perut.

8. Bagi yang belum terbiasa, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melakukan latihan sit up sesering mungkin, sebaiknya lakukan sit up maksimal 10 kali. Anda bisa menambah intensitas latihan sit up jika Anda sudah merasa lebih kuat. Jika sudah terbiasa, untuk mendapatkan banyak manfaat sit up bagi tubuh sebaiknya lakukan sit up setiap hari dengan rutin.

Itulah beberapa cara melakukan sit up dengan benar yang dapat Anda coba di rumah. Jika Anda sudah melakukannya dengan rutin dan benar, maka tak hanya otot perut saja yang lebih kuat yang bisa Anda dapatkan manfaatnya. Tetapi, manfaat sit up lainnya adalah dapat membentuk postur tubuh, membantu pencernaan dan melancarkan aliran oksigen dan darah ke seluruh tubuh. Selamat mencoba!

Manfaat Dari Sit UpSit Up Yang Salah