Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang sudah lama dikenal sebagai minuman pengganti kopi dan minuman lainnya. Di Indonesia sendiri ada beberapa macam jenis dari teh yaitu mulai dari teh hitam, teh hijau, teh oolong dan juga jenis teh lainnya. Dari beberapa jenis teh tersebut salah satu jenis teh yang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh adalah teh hijau. Ini dikarenakan teh hitam dan teh oolong dibuat dari daun teh yang difermentasikan sehingga menyebabkan senyawa antioksidan yang terkandung hilang. Berbeda dari kedua jenis teh tersebut teh hijau berasal dari kukusan daun camellia sehingga hal ini mencegah hilangnya senyawa antioksidan. Saat ini teh hijau tak hanya digunakan sebagai minuman saja melainkan digunakan untuk campuran bahan pembuatan produk kecantikan dan juga suplemen makanan dan minuman. Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Menurunkan Kadar Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh seseorang dapat menyebabkan kesehatan seseorang terganggu seperti terganggunya kinerja jantung serta dapat meningkatkan resiko kolesterol. Cara menurunkan kadar kolesterol yang berlebih Anda dapat mengonsumsi teh hijau secara teratur. Mengapa harus teh hijau? Ini karena teh hijau mengandung tanin yang dapat mengatasi LDL atau yang biasa disebut dengan kolesterol jahat.

Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tah hijau juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Megonsumsi teh hijau setiap harinya dapat membakar kalori sebesar 70 kalori dan juga dapat menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam satu tahun. Meskipun terbilang sedikit jika Anda menggabungkannya dengan diet yang sehat, tidur teratur, olahraga rutin serta pola makan yang sehat, Anda akan dapat memiliki tubuh langsing dan ideal sesuai harapan Anda.

Menangkal Radikan Bebas

Seperti yang Anda ketahui, salah satu rahasia kecantikan para wanita Jepang adalah dengan cara menggunakan teh hijau. Selain memiliki tubuh yang langsing dan ideal para wanita Jepang juga memiliki kulit yang putih dan selalu awet muda. Nah jika Anda ingin memiliki tubuh dan kulit seperti wanita Jepang mulailah untuk mengosumsi teh hijau. Ini karena teh hijau kaya akan antioksidan dan polifenol yang mampu menangkal radikal bebas. Sehingga ini dapat mencegah penuaan dini dan juga selalu tampak awet muda.

Baca juga jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan

Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Untuk mencegah masalah kesehatan yang satu ini mulailah mengonsumsi teh hijau secara langsung ataupun dalam bentuk suplemen. Peran teh hijau yang dapat menangkal radikal bebas juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam virus serta bakteri penyebab penyakit salah satunya yaitu kanker.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat teh hijau selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah. Jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya, teh hijau sangatlah rendah kafein sehingga baik dikonsumsi seseorang yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini pun tentunya sangat baik bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu mulailah mengonsumsi teh hijau secara teratur agar tekanan darah dapat terkontrol.

Menjaga Kulit agar Tetap Sehat

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, khasiat teh hijau juga baik untuk menjaga kecantikan kulit. Kandungan antioksidan dalam teh ini dapat menjaga kulit agar tetap bersih dan terhindar dari radikal bebas. Tak hanya itu saja, kandungan polifenol pada teh hijau juga berguna untuk mencegah penuaan dini. Jerawat yang membandel pun sdapat diatasi hanya dengan menggunakan teh hijau.

Mencegah Alzheimer

Berikutnya adalah untuk mencegah alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit berbahaya yang menyerang otak penderitanya. Sehingga seseorang yang menderita alzheimer akan sulit mengingat kejadian-kejadian yang pernah ia alami. Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan alzheimer. Obat yang biasa di konsumsi penderitanya hanya berguna untuk memperlambat penyakit ini. Oleh karena itu sangat penting sekali mencegah penyakit ini dengan cara meminum teh hijau secara rutin. Para peneliti menyatakan bahwa teh hijau dapat mengurangi jumlah acetylcholine dalam otak yang dapat memicu penyakit alzheimer.

Mencegah Parkinson dan Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tak hanya alzheimer saja, teh hijau juga dapat mencega penyakit parkinson. Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat mencegah terjadinya kerusakan sel pada otak yang mengarah ke penyakit ini. Selain itu, antioksidan yang bernama flavonoid dalam teh hijau akan bekerja sama dengan polifenol dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat tentu saja dapat terhindar dari segala macam penyakit.

Demikianlah ulasan tentang manfaat teh hijau untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

Baca juga artikel mengenai manfaat teh hitam untuk kesehatan yang jarang diketahui

Loading...
manfaat teh hijau -