Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

By Categories : Manfaat

Jika kemarin sudah menjelaskan mengenai manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh, kali ini akan menjelaskan tentang manfaat teh hitam untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Manfaat Teh Hitam

Sejak zaman dulu teh memang menjadi salah satu minuman favorit yang sering dikonsumsi oleh setiap orang. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi teh secara teratur juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Umumnya ada beberapa jenis teh, mulai dari teh hijau, teh oolong, teh hitam dan masih banyak lagi. Diantara jenis teh tersebut tentu saja memiliki manfaat yang berbeda.

Perbedaan teh hitam dengan jenis teh lainnya adalah proses penjemuran daun teh yang lebih lama. Teh hitam sendiri juga terbuat dari tanaman teh yang bernama teh camellia. Di mana teh tersebut mengandung  polifenol yang sangat tinggi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah khasiat teh hitam untuk kesehatan.

Inilah khasiat teh hitam untuk kesehatan tubuh

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Teh hitam yang dikonsumsi secara teratur juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung polifenol, yang merupakan salah satu jenis antioksidan baik yang berperan untuk melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Polifenol tersebut juga mampu mencegah kerusakan DNA yang dapat menyebabkan segala macam penyakit.

Melindungi jantung

Manfaat yang kedua adalah berguna untuk melindungi dan menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa seseorang yang rutin meminum teh hitam dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung sebesar 20%. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit mematikan ini tidak ada salahnya mengonsumsi teh hitam dan rutin berolahraga.

Mencegah penyakit parkinson

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit parkinson. Parkinson adalah penyakit degenerasi sel saraf secara beratahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya akan gemetaran. Untuk mengurangi dan mencegah resiko penyakit parkinson, para pria diminta mengonsumsi 421 dan 2.716 kafein dari teh dalam setiap harinya. Sedangkan untuk wanita mengonsumsi teh hitam setiap hari mampu mencegah penyakit ini.

Mengatasi masalah pencernaan

Pencernaan yang sehat tentu saja dapat membuat tubuh juga lebih sehat dan bugar. Selain mengonsumsi makanan berserat tinggi, cara menjaga kesehatan pencernaan paling ampuh yang dapat Anda lakukan adalah meminum teh hitam. Teh hitam kaya akan zat tannin yang berguna untuk menenangkan sistem pencernaan.  Tak hanya itu saja, teh hitam juga memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan di sistem pencernaan.

Memperkuat tulang dan gigi

Berikutnya adalah dapat memperkuat tulang dan gigi. Kandungan fitokimia yang ada pada teh hitam juga telah tebukti dapat menguatkan gigi tan tulang. Tak hanya itu saja, teh hitam juga dapat mengurangi resiko penyakit arthritis.

Mencegah Aterosklerosis

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit aterosklerosis. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa teh hitam sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat memiliki sistem imun yang kuat, namun tak hanya itu saja kandungan katekin dan theaflavin dalam teh ini juga sangat ampuh untuk mengatasi kolesterol jahat yang dapat mencegah penyakit aterosklerosis.

Mencegah diabetes

Selain penyakit jantung, diabetes juga merupakan penyakit berbahaya yang harus dicegah sedini mungkin. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara tertaur. Untuk pencegahan yang lebih baik, Anda juga bisa mengonsumsi teh hitam. Senyara thearubigin dan theaflavin, memiliki fungsi yang hampir sama seperti insulin yang ada di dalam tubuh. Sehingga seseorang yang rutin mengonsumsi teh hitam dengan kadar normal memungkinkan untuk menurunkan risiko terhadap penyakit diabetes.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat selanjutnya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lancar pastinya akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Teh hitam juga dapat mempercepat oksidasi lemak serta memberbaiki sensivitas insulin dan juga toleransi glukosa di dalam tubuh.

Mengatasi infeksi bakteri dan jamur

Jamur dan bakteri yang ada di dalam tubuh tentunya dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin, jamur dan bakteri yang ada di dalam tubuh dapat teratasi dengan mudah.

Manfaat teh hitam untuk kecantikan

Tak hanya untuk menjaga kesehatan saja, teh hitam juga sangat baik untuk menjaga kecantikan. Kandungan senyawa dalam teh hitam dapat membuat kulit menjadi lebih segar, lembab, lembut dan tak tampak kusam. Selain itu, teh hitam juga dapat mengatasi mata panda akibat kurang tidur ataupun karena kelelahan.

Saran penyajian teh hitam

Meskipun memiliki manfaat, jika dikonsumsi secara berlebih teh hitam juga dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi teh hitam dengan jumlah takaran yang tepat.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.