Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Diet

By Categories : Manfaat

Buah tomat merupakan buah yang berwarna merah dan kerap kali dijadikan bumbu masakan. Manfaat tomat selain untuk masakan, juga ternyata banyak digunakan untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Tomat, biasanya sering kita sajikan sebagai bumbu tambahan sayur sup, sayur asem, sambal dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, buah tomat juga sangat enak jika disajikan dengan cara di jus. Beberapa manfaat tomat yang baik bagi kulit dan kesehatan tubuh adalah untuk menghilangkan jerawat, perawatan kulit wajah, mengobati wasir, mengobati hipertensi, penyakit jantung hingga mencegah kanker.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Diet

Manfaat tomat bagi kesehatan tak lain dikarenakan kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Beberapa senyawa yang terdapat di dalam buah tomat, seperti asam folat, asam malat, asam sitrat, saponin, protein, lemak, bioflavonoid, beberapa mineral, histamin, dan beberapa vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen dan niasin).

manfaat-tomat-bagi-kesehatan-ibu-hamil

Manfaat tomat untuk Ibu hamil

Tomat merupakan sumber nutrisi penting yang bermanfaat bagi Ibu hamil. Tomat memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang dapat membantu Anda dan bayi tetap sehat. Selain itu, kandungan vitamin C pada tomat dapat membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin Anda.

Tak hanya itu saja, vitamin C juga membantu proses penyerapan zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan. Jadi, saat kehamilan bunda selain dianjurkan mengkonsumsi suplemen zat besi tambahan maka bunda juga bisa mendapatkan zat besi tambahan dari tomat. Bunda bisa mengkonsumsi jus tomat agar penyerapan zat besi yang dibutuhkan lebih baik.

Tomat juga mengandung senyawa lycopene sebagai antioksidan yang bisa melindungi terjadinya kerusakan sel-sel tubuh. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan bahwa ibu hamil akan aman apabila mengkonsumsi makanan yang mengandung lycopene. Anda bisa mendapatkan senyawa tersebut dari tomat dan bukan dari suplemen lycopene yang sebaiknya harus dihindari.

Manfaat tomat untuk diet

Manfaat buah tomat lainnya adalah dapat membantu program diet sehat Anda. Kandungan air dan seratnya yang sangat tinggi, membuat kita merasa kenyang lebih cepat dan tahan lama dengan tidak meningkatkan kadar kalori dalam tubuh. Tak hanya di situ saja, kandungan vitamin A, C, K, asam folat dan mineral lainnya yang terkandung dalam satu gelas jus tomat sudah memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi jus tomat setiap hari, tak hanya tubuh langsing yang didapat tetapi juga kesehatan jantung dapat terjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Manfaat tomat untuk wajah

Dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, maka tomat dapat bermanfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Tak perlu mahal-mahal melakukan perawatan di salon, Anda cukup membeli tomat di warung untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, sehat dan bersinar. Adapun cara penggunaan tomat untuk wajah adalah dengan membuat masker jus tomat yang diterapkan pada wajah Anda setiap hari. Maka kulit wajah senantiasa lebih cerah, bersih dari jerawat dan juga lebih sehat.

Sejumlah manfaat tomat di atas, dapat Anda coba di rumah untuk membuktikan khasiatnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!