Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin A memiliki banyak senyawa di dalamnya antara lain retinol, retinil aselat dan masih banyak lagi lainnya. Dari semua kandungan senyawa tersebut hanya senyawa retinol saja lah yang sangat identik dengan vitamin A dibanding senyawa lainnya. Meskipun seperti itu tetap saja semua kandungan tersebut berperan baik bagi kesehatan tubuh kita salah satunya adalah kesehatan mata.

Manfaat Vitamin A

Vitamin A memiliki peranan atau manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Namun sebelum kita membahas mengenai manfaat tersebut, lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis makanan apa saja yang memiliki kandungan vitamin A.

Ada banyak sumber vitamin A di antaranya wortel, bayam, cabai merah, sawi, brokoli, paprika, tomat, kacang panjang, dan kangkung. Selain itu untuk kandungan vitamin A yang berasal dari sumber hewani adalah daging bebek, daging ayam, hati ayam, hati sapi, ginjal domba, telur, susu, keju dan bernagai ikan laut salah satunya adalah ikan cakalang dan ikan gabus. Nah setelah mengetahui sumber makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin A, berikut ini langsung saja kita bahas mengenai manfaat vitamin A. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

Khasiat Vitamin A yang Perlu Anda Ketahui

Menjaga Kesehatan Mata

Peranan utama vitamin A atau senyawa retinol ini adalah menjaga kesehatan mata. Mungkin bagi Anda hal ini tentu sudah tidak asing lagi. Selain itu sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa penyebab adanya kebutaan itu sendiri karena disebabkan karena minimnya asupan vitamun A bagi tubuh. Oeh karena itu biasakanlah untuk banyak mengonsumsi makanan yang memiliki sumber vitamin A seperti yang sudah disebutkan di atas.

Meningkatkan Sistem Kebebalan Tubuh

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan mata, vitamin A juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan retinil palmitat di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki peranan untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan lainnya.

Sebagai Antioksidan

Vitamin A juga dikenal sebagai beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan tersebut berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi dan juga berasal dari oksidasi tubuh. oleh karena itulah mengapa suber vitamin A sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menunjang kondisi kesehatan.

Mengoptimalkan Perkembangan Janin

Manfaat vitamin A selanjutnya adalah untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, Dimana vitamin A merupakan vitamin yang sangat mudah larut didalam tubuh. Maka dengan begitu vitamin A sangat baik untuk dijadikan sumber makanan yang mampu membantu tumbuh kembang janin. Di antaranya dapat membantu dalam perkembangan organ mata, organ tulang, dan kesehatan kulit janin.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuan yang berasal dari Amerika, mengatakan bahwa vitamin A dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Adapun yang berperan sebagai penghambat sel kanker tersebut adalah asam retionat atau retinol.

Akibat Kekurangan vitamin A

Masalah pada penglihatan

Seperti yang kita ketahui salah satu manfaat vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata. Jika tubuh kekurangan vitamin yang satu ini tentu saja dapat membuat kesehatan mata terganggu.  Salah satu gejala awal dari kekurangan vitamin A adalah mata kering (xeropthalmia) yang merupakan kondisi di mana kelainan pada selaput lendir mata dan selaput bening mata.

Penyakit pencernaan

Akibat kurang vitamin A yang kedua adalah dapat menyebabkan penyakit pada sistem pencernaan. Usus memiliki peranan penting dalam proses pencernaan khususnya sebagai tempat penyerapan air. sementara vitamin A sendiri memilikipengaruh yang cukup besar dalam menjaga dinding-dinding usus agar tetap berfungsi secara normal. Jika tubuh kekurangan vitamin A tentu saja penyerapan air dalam usus akan terganggu. Jika tidak segera diatasi hal ini dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih akibat penyerapan air di dalam usus yang kurang optimal.

Menyebabkan penyakit kulit

Berkutnya adalah dapat menyebabkan penyakit kulit. tubuh yang kekurangan vitamin A dapat mengurangi kemampuan sel-sel kelenjar untuk memproduksi mucus. Jika dibiarkan maka pada saat regenerasi, kulit akan digantikan oleh sel-sel epitel yang bersisik dan kering. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Kekurangan vitamin A dalam tubuh juga dapat menyebabkan luka yang sulit sembuh pada saat terjadi luka.

Menghambat pertumbuhan

Tahukah Anda bahwa vitamin A memiliki peranan yang sangat penting terhadap pertumbuhan tulang. Dalam proses pembentukannya tulang dan epitel membutuhkan vitamin A. Vitamin A yang Anda konsumsi berfungsi untuk mensintesis protin yang dapat membentuk sel-sel baru pada tulang dan gigi. Seseorang yang kekurangan vitamin A ia akan mengidap penyakit jaringan ikat. Penyakit yang satu ini diakibatkan karena kurangnya kolagen.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh.

Loading...
manfaat vitamin a - fungsi vitamin a - manfaat vit a - fungsi vit a - kegunaan vitamin a - khasiat vitamin a - manfaat fitamin a - kegunaan vit a - apa manfaat vitamin A - fungsi vitamin a bagi tubuh - suntik vitamin a - manfaat vitamin A bagi tubuh manusia untuk mencegah penyakit - manfaat vitamin a bagi tubuh manusia - Hasiat vit a - kedokteran kegunaan vitamin a -