Manfaat Vitamin B12 untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan

By Categories : Uncategorized

Manfaat vitamin B12 tak hanya baik untuk kesehatan. Namun asam folat juga kaya manfaat yang baik untuk kulit hingga rambut Lantas apa sebenarnya vitamin B12 itu sendiri? Vitamin B12 atau yang biasa disebut dengan cobalamin adalah salah satu dari 8 vitamin yang ditemukan dalam vitamin B kompleks. Vitamin ini sangat diperlukan untuk mengubah makanan menjadi bahan bakar untuk menghasilkan energi. Selain itu, vitamin B12 juga memiliki peranan penting dalam mengtaur metabolisme.

Sama seperti vitamin lainnya, tubuh juga tidak bisa memproduksi vitamin ini, sehingga Anda membutuhkan asupan makanan yang kaya vitamin B. Makanan sumber vitamin B12 yang bisa Anda konsumsi adalah keju, roti, daging, ikan, telur, makanan laur, susu kedelau serta hati. RDA merekomendasikan setidaknya kita harus mengonsumsi 2,4 mikrogram vitamin B12 per hari.

Sebab kekurangan vitamin B12 dapat berakibat buruk terhadap kesehatan serta dapat menganggu aktivitas sehari-hari. seperti kehilangan nafsu makanan, anemia, daya ingat menurun, cemas hingga depresi, osteoporosis hingga kelainan neurologis. Sehingga hal tersebut dapat membuat Anda sering mengalami kesemutan dan mati rasa pada tangan dan kaki.

Oleh karena itu mulailah untuk  mengonsumsi makanan sumber vitamin B12 untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut. Lalu apa saja manfaat dari vitamin B12 untuk kesehatan? untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.manfaat-vitamin-b12

Inilah Manfaat Vitamin B12 untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan

Vitamin B12 untuk Kulit

  • Mencegah Kulit Kusam

Yang pertama adalah untuk mencegah kulit kusam. Kulit Anda terlihat kusam dan tidak sehat? Jika iya, kemungkinan Anda kekurangan vitamin B12. Konsumsilah vitamin ini dalam setiap harinya agar kulit bisa cerah dan sehat kembali. Sebab kulit kusam pastinya dapat membuat Anda tampil tak percaya diri.

Baca juga Daftar makanan sumber vitamin B kompleks paling tinggi

  • Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering

Kulit yang berminyak dapat menyebabkan kulit menjadi tampak kusam dan tak bercahaya, sebaliknya kulit kering juga dapat menyebabkan iritasi. Namun Anda tak perlu khawatir, selain melakukan perawatan dari luar, Anda bisa melakukan perawatan dari dalam dengan cara mengonsumsi makanan kaya vitamin B12.

Bila diterapkan, vitamin tersebut dapat meningkatkan retensi keseimbangan, tekstur dan kelembaban kulit. Sehingga mencukupi asupan vitamin B12 dapat mencegah kulit dari kekeringan. Selain itu, vitamin B12 ini juga dapat mencegah dan membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit kulit.

  • Mencegah Kulit dari Penuaan Dini

Manfaat berikutnya adalah untuk mencegah kulit dari penuaan dini. Perlu diketahui bahwa vitamin B12 dapat mempertahankan keremajaan kulit. Sehingga seseorang yang cukup asupan vitamin ini akan memiliki kulit lebih halus. Nah bagi Anda yang ingin terhindar dari penuaan dini, mulailah berolahraga yang mengonsumsi asupan makanan sehat.

Vitamin B untuk Rambut

  • Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan hal wajar yang sering dialami oleh banyak orang, namun jika kerontokan rambut parah dan tingkat pertumbuhan rambut lambat mungkin saja hal tersebut disebabkan karena kekurangan vitamin B12. Jika rambut kekurangan vitamin B12, maka folikel rambut akan kekurangan zat gizi. Sehingga hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi lambat dan tidak sehat.

  • Membuat Rambut Lebih Sehat dan Berkilau

Manfaat vitamin B12 selanjutnya adalah dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, vitamin B12 juga bermanfaat untuk membuatnya lebih sehat dan berkilau. Vitamin b12 tersebut akan membantu untuk mendorong kembali pigmentasi rambut serta mempertahankan warna asli rambut.

Selain bermanfaat untuk kulit dan rambut, vitamin B12 juga dapat menjaga kesehatan kuku. Jika kuku Anda tak sehat, pucat dan mudah patah salah satu penyebab hal tersebut adalah karena tubuh kekurangan vitamin B12. Oleh karena itu jika Anda ingin memiliki kuku yang sehat, konsumsilah makanan yang kaya vitamin B12 ataupun vitamin B kompleks lainnya.

Vitamin B12 untuk Kesehatan

  • Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

Meskipun belum ada obat yang bisa mengobati penyakit ini, tapi Anda bisa mengonsumsi makanan sehat seperti makanan kaya vitamin B12 untuk meringankan gejala yang terjadi pada penderita alzheimer. Seperti yang kita ketahui alzheimer merupakan penyakit demensia yang ditandai dengan menurunnya daya ingat, dan kebingungan serta rasa cemas yang berlebihan. Penelitan yang dilakukan pun terbukti bahwa seseorang yang kekurangan vitamin B12 sering menderita penyakit ini.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sama seperti vitamin C, vitamin B juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga seseorang yang cukup asupan vitamin ini dapat terhindar dari penyakit ringan maupun berbahaya. Meskipun begitu, Anda pun tetap harus mengimbanginya dengan olahraga.

Baca juga inilah akibat kelebihan vitamin B bagi kesehatan tubuh

Nah itulah beberapa manfaat vitamin B12 untuk kulit, rambut hingga kesehatan.

loading...