Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai akibat kekurangan vitamin E bagi kesehatan. Maka berikut ini akan kami jelaskan mengenai manfaat vitamin E. Vitamin E atau dalam dunia medis disebut dengan Tokoferol ini merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat larut di dalam lemak seperti vitamin A. Namun yang membedakan adalah vitamin E memiliki sifat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Selain itu vitamin E juga merupakan salah satu vitamin esensial yang dimana tidak bisa dihasilkan oleh tubuh kita sendiri melainkan harus di dapatkan dari asupan makanan.

Sumber vitamin E bisa kita dapatkan dari buah-buahan, sayuran, mentega, susu, dan telur. Bukan hanya itu saja, masih banyak sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin E yang bisa Anda dapatkan. Nah berkaitan dengan manfaat viitamin E bagi kesehatan, berikut ini akan kami jelaskan secara detail. Adapun penjelasannya sebagai berikut!

manfaat vitamin e

Berikut Manfaat Vitamin E Bagi  Kulit dan Kesehatan Tubuh

Sebagai Antioksidan

Seperti penjelasan di atas tadi ini merupakan manfaat utama vitamin E sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan tersebut berfungsi untuk menjaga membra sel dan melindungi sel paru-paru dari serangan sel darah putih. Bukan hanya itu saja vitamin E juga bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai radikal bebas dalam tubuh. Maka dengan begitu tubuh akan terhindar dari segala macam penyakit.

Pelindung Sel Darah Merah

Manfaat dari vitamin E selanjutnya adalah sebagai pelindung sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen keseluruh jaringan dalam tubuh. Selain itu juga dapat melindungi kerusakan jaringan tubuh akibat dari kelebihan vitamin A. Jika vitamin E tidak terpenuhi secara maksimal di dalam tubuh maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh lainnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin E juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini berlangsung ketika tubuh menerima asupan makanan pada saat dikonsumsi. Seperti misalnya ketika Anda selesai makan tentu energi Anda akan kembali bugar dan bersemangat. Nah itulah salah satu fungsi dari vitamin E yaitu meningkatkan dan mempertahankan daya tahan tubuh tetap optimal.

Mencegah Oksidasi Kolesterol Jahat

Seperti yang kita ketahui, kolesterol merupakan gangguan yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Biasanya kolesterol terjadi karena asupan lemak jahat yang terlalu banyak dalam tubuh. Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak ditangani degan cepat maka akan berdampak pada penyumbatan arteri. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah penuhi asupan vitamin E secara optimal dengan mengonsumsi makanan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Mengatasi Kulit Keriput

Hampir setiap orang khususnya para wanita tidak mau kulit menjadi keriput dan tidak sehat. Selain dapat membuat penampilan menjadi tak menarik kulit keriput juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Umumnya keriput atau penuaan disebabkan karena faktor suia, perawatan kulit yang tidak tepat, radikal bebas, merokok dan masih banyak lagi. Namun penuaan dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin E. Vitamin E yang Anda gunakan dapat mencegah pembentukan kerutan pada kulit akibat radikal bebas. Vitamin E juga dapat membantu mempercepat regenerasi sel.

Mencegah Demensia atau Alzheimer

vitamin yang Anda konsumsi setiap harinya juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit yang menyerang sistem saraf ataupun otak, termasuk demensia, alzheimer, parkinson dan epilepsi. Anda bisa mengonsumsi makanan sumber makanan vitamin E ataupun suplemen vitamin E.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat vitamin E selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Khususnya kanker mulut, kanker prostat, kanker paru-paru dan polip. Hal ini dikarenakan vitamin E berfungsi untuk melindungi sel DNA dari kerusakan yang dapat berubah menjadi kanker ganas. Tak hanya itu saja, vitamin ini juga dapat menghambat pertumbuhan tumot dalam tubuh.

Merawat Kesehatan Kulit

Vitamin E juga dapat Anda manfaatkan produk perawatan kulit terutama di malam hari. Setelah seharian terpapar radikal bebas dan polusi, di malam hari kulit membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat. Salah satunya yaitu dengan mengoleskan vitamin E pada kulit secara merata. Anda bisa menggunakan minyak zaitun ataupun lotion yang mengandung vitamin E agar kulit tetap lembab dan sehat.

Mengatasi Bintik Cokelat di Kulit

Penuaan juga dapat menyebabkan bintik-bintik cokelat di kulit. Mencukupi asupan vitamin E setiap harinya dapat membantu mengurangi bintik-bintik tersebut serta dapat menghaluskan kulit yang kasar dan mendorong regenerasi sel.

Baca juga inilah sumber vitamin D terbaik bagi tubuh

Tapi satu hal yang harus Anda tahu meskipun manfaat vitamin E sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda tetap jangan mengonsumsi secara berlebihan. Selain itu mengonsumsi vitamin E juga harus seimbang, supaya dapat diserap tubuh dengan baik. Hal itu bukan hanya vitamin E saja, melainkan juga berlaku bagi jenis vitamin lainnya.

Loading...
vitamin e berfungsi - vitamin E menjaga kesehatan -