Mempelajari Manfaat Terapi Bekam untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Terapi bekam sudah ada sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Selama ini bekam sangat popular di negara-negara timur-tengah dan ditengarai sebagai terapi kesehatan standar di negara tersebut. Dan kini, terapi bekam juga mulai popular di Indonesia. Banyak bermunculan praktisi dan terapis bekam di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari kota-kota besar hingga daerah pelosok. Namun dibalik makin tingginya popularitas terapi ini, muncul pertanyaan dibenak setiap orang, benarkah manfaat terapi bekam untuk kesehatan seperti yang digembor-gemborkan oleh para praktisi di berbagai media? Lalu bagaimana pandangan dunia medis mengenai metode terapi ini?

Secara garis besar, terapi bekam dilakukan dengan cara mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Darah kotor tersebut dipercaya sebagai sumber dari berbagai penyakit yang dikeluhkan oleh sang pasien. Adapun cara mengeluarkan darah kotor tersebut dilakukan dengan cara yang masih tergolong tradisional, yakni dengan menusuk-nusuk kulit dengan alat tertentu dan menyedor darah yang mengalir memanfaatkan mangkok kaca kecil dan api. Awalnya, api disulut di dalam mangkok lalu dengan cepat ditelungkupkan diatas lubang keluar darah. Darah pun akan tersedot keluar dan terkumpul di dalam mangkok.

Manfaat Terapi Bekam untuk Kesehatan
Terapi ini awalnya sangat popular di kalangan masyarakat muslim, yang mana menurut berbagai ahli sejarah Islam, terapi ini sering dilakukan oleh Nabi Muhammad S.A.W di masa beliau masih hidup. Dan praktek ini pun tersebar seiring dengan penyebaran agama Islam, tidak hanya di kalangan negara Timur Tengah namun hingga ke seluruh dunia hingga ke Indonesia. Dan itu pula lah yang menjadi alasan mengapa para terapis bekam umumnya berasal dari kalangan praktisi pondok atau mereka yang pernah mengecap pendidikan di Pondok pesantren Islam.

Dan dunia medis modern pun yang awalnya merasa skeptic mengenai terapi ini akhirnya mengakui manfaat terapi bekam untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli medis modern, ditemukan bahwa dengan merusak kulit dan jaringan bawah kulit selama proses bekam, tubuh secara otomatis memproduksi berbagai hormone dan zat-zat yang tidak diketahui sebelumnya. Hormon serta zat tersebut nantinya akan berperan aktif dalam membantu memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah yang terlalu tinggi, serta juga menjadi obat relaksasi alami bagi tubuh.

Dan jika Anda penasaran akan manfaat terapi bekam untuk kesehatan, berikut adalah beberapa jenis penyakit yang dipercaya dapat diatasi dengan bekam:

– Mengatasi migraine dan gejala penyakit yang disebabkan terganggunya sirkulasi darah di kepala
– Mengatasi serta mencegah stroke
– Mengurangi intensitas pusing
– Menjaga tekanan darah dalam batas normal
– Menyembuhkan Parkinson
– Mengatasi vertigo
– Menjaga kesehatan kulit dengan mencegah jerawat, komedo, flek, dan lain sebagainya
– Meringankan sakit gigi
– Mengatasi masalah mata, hidung dan telinga
– Membantu meningkatkan daya ingat

Baca juga artikel menarik lainnya Cara mudah mengatasi stres.