Mengenal Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Diet

By Categories : Nutrisi

Kunci kesuksesan dan kesehatan seseorang salah satunya dengan menjaga porsi dan jenis asupan makanan setiap harinya. Kita tahu bahwa makanan yang sehat dapat membuat tubuh menjadi kuat, sehat dan segar. Menurut para ahli gizi, kunci hidup sehat dan bugar adalah dengan cara mengonsumsi jenis makanan yang benar-benar bersih, bernutrisi seimbang, serta juga dalam porsi yang benar. Masih menurut para ahli, terdapat 12 variasi makanan penting yang sangat disarankan demi menunjang aktifitas fisik para olahragawan, dan salah satunya adalah apel. Manfaat apel untuk kesehatan dan diet sangatlah tinggi

Apel seringkali digunakan sebagai icon dari jenis makanan sehat dan menyehatkan. Hampir kita temui setiap hari bahwa di setiap iklan yang mencerminkan hidup sehat dan bugar pasti sang model menggenggam atau bahkan memakan apel. Dan memang hal tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Berdasarkan berbagai penelitian yang telah dipublikasikan dalan jurnal kesehatan dunia, buah apel ternyata mengandung bahan-bahan penting yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan metabolisme, menambah daya tahan tubuh, dan juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Belum lagi apel sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Diet

Jika Anda penasaran akan manfaat apel untuk kesehatan dan diet, maka perlu Anda ketahui bahwa saking banyaknya manfaat yang ditawarkan bahkan seorang ahli kesehatan membuat 1 buku tebal yang khusus membahas tentang manfaat apel bagi tubuh. Namun lebih ringkasnya bisa kita simpulkan bahwa mengkonsumsi apel tidak hanya dapat membantu meningkatkan kesegaran tubuh ecara fisik namun juga dapat membantu mengatasi masalah emosi yang dialami seseorang. Ya, perlu diketahui bahwa hanya dengan mencium aroma buah apel merah. Baca juga Manfaat jus dan cuka apel untuk kecantikan.

Dan selain apel, beberapa buah lainnya sangat efektif dan bermanfaat dalam menunjang kesehatan serta program diet seseorang. Jadi jika Anda kesulitan mendapatkan suplai buah apel segar dan tidak bisa mendapatkan manfaat apel untuk menjaga kesehatan dan diet maka masih ada beberapa buah-buahan alternative yang bisa Anda coba. Buah apakah itu? Berikut contohnya:

Cokelat

dari hasil penelitian para ahli mengungkapkan bawasanya mengkonsumsi coklat itu sangat baik dikarenakan kandungan di dalam buah coklat tersebut. Bila di konsumsi sedikit tiap minggunya bisa mengurangi risiko terkena stroke, bahkan bisa juga mengurangi risiko meninggalnya seseorang akibat stroke. Meskipun pahit buah ini juga bermanfaat.

Kubis atau kol

Di dalam kandungan kubis mempunyai 20 kalori, 2 gram serat serata kaya akan sulforaphane dalam setiap cangkirnnya apabikla di haluskan. Zat-zat kimia tersebut dapat menyembuhkan penyakit kanker serta terbukti dapat menurunkan kerusakan sel dalam tubuh.

Avocado

Buah ini banyak mengandung vitamin E. menurut para ahli apabila setiap orang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dapat membantu penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi dalam system saraf dan otak.

Buah Mangga

Berikutnya adalah buah mangga. Mangga merupakan salah satu buah paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sama seperti manfaat apel untuk kesehatan dan diet, buah mangga juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan mineral dan vitamin pada buah apel dapat membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak, menjaga pencernaan serta dapat mencegah kanker.

Buah Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin A, B kompleks, C, E dan K yang baik untuk tubuh. Selain sangat nikmat jika dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa menambahkan stroberi ke dalam hidangan salad dan smoothies. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai jus buah yang menyegarkan.

Pisang

Setiap orang pastinya sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah pisang kaya akan serat, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu, serat juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Sehingga perut akan terasa rata dan tidak buncit. Bagi setiap orang buah pisang merupakan buah paling efektif yang digunakan untuk diet.

Buah Aprikot

Aprikot merupakan salah satu buah kaya akan vitamin C, serat, kalium, kalsium, antioksidan, zat besi dan nutrisi lainnya. Buah aprikot dapat Anda manfaatkan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan pai aprikot yang nikmat.

Buah yang Dapat Menggagalkan Diet

Buah kaya gula

Buah yang memiliki rasa manis, dapat menunjukkan bahwa buah tersebut kaya akan gula dan karbohidrat. Oleh karena itu sebaiknya Anda membatasi mengonsumsi buah yang mengandung gula, karena kalori yang terkandung dalam buah akan menumpuk menjadi lemak jika tak digunakan.

Pemilihan Waktu Buah Makan yang Tepat

Pemilihan waktu dalam mengonsumsi buah yang tidak tepat, dapat menaikkan lonjakan glukosa dalam tubuh dan dapat menggagalkan program diet. Waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah adalah ketika perut sedang kosong.

obat batuk mujarab - Manfaatapel -