Normalkah Rambut Rontok Setelah Melahirkan?

By Categories : Kesehatan

Bagi para wanita yang sudah menikah, hamil dan melahirkan adalah salah satu hal yang paling membanggakan dalam hidupnya. Namun setelah sukses melahirkan ada juga masalah yang sering dihadapi oleh para ibu. Salah satunya yaitu rambut rontok setelah melahirkan. Bagi orang yang belum mengetahuinya hal ini tentu saja dapat membuatnya khawatir dengan adanya hal itu.

rambut rontok setelah melahirkan

Akan tetapi rambut rontok yang berlebihan adalah suatu hal wajar yang sering dialami oleh para ibu setelah melahirkan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal dan fisik. Kedua perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada saat hamil saja, akan tetapi hal itu akan berlanjut selama tiga hingga enam bulan ke depan. Dan salah satu efek samping dari perubahan tersebut adalah rambut rontok berlebihan ketika menyisir rambut ataupun keramas.

Menurut ahli kesehatan rambut, Philip Kingsley, di Inggris membenarkan hal tersebut. Ia menyatakan bahwa sekitar 50% wanita hamil dan setelah melahirkan akan mengalami kerontokan rambut.

Lantas apakah yang menyebabkan rambut rontok setelah melahirkan?

Siklus pertumbuhan rambut yang normal dibedakan dalam dua fase. Yaitu fase pertumbuhan dan fase istirahat. Fase pertumbuhan berlangsung selama 3 tahun  sedangkan fase istirahat hanya berlangsung sekitar 3 bulan. Namun durasi tersebut sangatlah berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Pada umumnya 85 hingga 95 persen rambut masih dalam fase pertumbuhan.

Pada saat fase istirahat rambut tersebut akan berada di folikel rambut hingga akhirnya rambut tersebut akan di dorong keluar oleh rambut yang baru tumbuh. Akan tetapi selama masa kehamilan, hormon akan merangsang pertumbuhan dari rambut itu sendiri. Dan puncaknya yaitu pada saat melahirkan. Setelah melahirkan rambut memasuki fase istirahat dan akhirnya eambut tersebut akan terdorong keluar selama tiga hingga enam bulan setelah melahirkan. Selain faktor hormonal, stres dan kelelahan juga merupakan penyebab dari rambut rontok setelah melahirkan.

 Mengenal kondisi rambut rontok usai melahirkan

Rambut rontok berlebihan yang terjadi setelah melahirkan biasa disebut dengan istilah telogen effluvium (ET/TE). Meskipun terbilang normal, akan tetapi menurut American Hair Loss Association, rambut rontok yang berlebihan juga harus mendapatkan perawatan khusus.

Dr Robert Leonard, FAACS, Founder dan Chief Surgeon di Leonard Hair Transplant Associates menyatakan bahwa salah satu cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan adalah dengan minum air putih secara teratur, hindari paparan suhu panas, seperti catok dan hair dryer, mengonsumsi makanan kaya akan protein serta mengonumsi buah dan juga sayur.

Namun tak hanya itu saja, Dr Leonard juga menyarakan untuk rajin menggunakan hairtonik untuk merangsang pertumbuhan dan regenerasi rambut. Sedangkan untuk beberapa suplemen sebaiknya harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan serta  tidak mengganggu kesehatan tubuh lainnya.