Nutrisi Untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Penuhi

By Categories : Nutrisi

Hamil adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para pasangan suami istri untuk menyempurnakan sebuah keluarga. Maka jangan heran jika seorang istri akan senang hingga berteriak histeris saat mengetahui dirinya tengah mengandung bayi yang ia harapkan. Sehingga saat hamil, hal utama yang harus diperhatikan adalah mencukupi asupan vitamin dan juga nutrisi. Karena nutrisi yang dikonsumsi selain dapat menyehatkan tubuh ibu dan calon buah hati, makanan bernutrisi juga dapat bermanfaat bagi buah hati saat sudah lahir di dunia.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang sudah memasuki trimester pertama dan kedua sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung kalori sekitar 2000 kalori perhari. Sedangkan untuk ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga (tiga bulan terakhir sebelum kelahiran) harus menambah kalori sebesar 200 kalori per hari. Sehingga totalnya sekitar 2200 kalori dalam setiap harinya. Berikut adalah nutrisi untuk ibu hamill yang wajib di penuhi.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil yang perlu Anda Ketahui

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Seperti yang Anda ketahui vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem kekeblan tubuh. Bagi para ibu hamil sebaiknya memenuhi kebutuhan vitamin C sebesar 85 miligram perhari. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga berguna untuk membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh serta membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Asupan vitamin C dapat Anda temukan pada bauh-buahan seperti, jeruk, tomat, melon dan juga mangga.

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Untuk mencegah anemia pada saat kehamilan, ibu hamil juga harus mencukupi kebutuhan zat besi dalam tiap harinya yaitu sebesar 27 miligram. Anemia merupakan penyakit yang timbul akibat kurangnya volume darah dalam tubuh. Untuk meningkatakn volume darah, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti, daging sapi, kubis, selada, bayam dan aneka daging unggas.

Makanan yang Mengandung Protein

Nutrisi untuk ibu hamil selanjutnya adalah makanan yang mengandung protein. Protein berfungsi untuk meningkatkan suplai darah serta pertumbuhan jaringan bagi jani. Oleh karena itu, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan protein yaitu 75 hingga 100 miligram dalam setiap harinya. Sumber protein terbaik, dapat Anda dapatkan pada makanan seperti, tahu, kacang-kacangan, ikan serta ayam.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat sangat bermanfaat dalam pembentukan sistem syaraf pada bayi serta mencegah kelainan atau cacat ketika bayi sudah lahir. Sehingga asam folat merupakan salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi para ibu hamil. Dalam sehari ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat 600 hingga 800 mikrogram. Makanan yang kaya akan asam folat adalah jeruk, tomat, kubis ataupun bayam.

Itulah beberapa nutrisi untuk ibu hamil yang wajib Anda penuhi. Selain itu, Anda juga harus memenuhi nutrisi lainnya seperti, kalsium, minum air putih serta menghindari makanan yang dapat menyebabkan keguguran atau membahayakan janin. Baca juga artikel menarik mengenai Manfaat pete cina untuk kesehatan ibu hamil.