Obat Sariawan Alami dan Paling Ampuh

By Categories : Obat

Sariawan atau dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan nama stomatitis aftosa merupakan luka terbuka yang disebabkan karena peradangan yang terjadi di dalam mulut dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Penyakit ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja, seperti misalnya di lidah, gusi dan bagian mulut lainnya. Selain itu sariawan itu sendiri dapat terbagi menjadi 2 bagian diantaranya sariawan ulkus aphthous dan sariwan herpes simplex.

Sariawan ulkus aphthouse adalah jenis sariawan yang biasanya sering kali di alami oleh kalangan masyarakat. Selain itu sariawa ini memiliki ciri warna yang pucat atau kekuningan. Sedangkan untuk sariwan iritasi adalah sariawan yang terjadi akibat adanya iritasi pada mulut yang akan membuat lapisan mukosa menjadi rusak dan menyebababkan luka pada area mulut. Apapun jenis sariawan tersebut semua dapat diatasi dengan mengunakan obat sariawan alami.

Berkaitan dengan obat sariawan, sebenarnya sariawan sendiri dapat diatasi dengan menggunakan berbagai cara, tapi baiknya Anda bisa menggunakan obat sariawan tradisional. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Obat Sariawan Alami

Inilah Obat Sariawan Alami dan Tradisional Paling Mujarab

Garam dan Backing Soda

Yang pertama yang dapat Anda manfaatkan adalah garam dan backing soda. Kedua bahan tersebut memang sudah sangat dipercaya ampuh dalam mengatasi penyakit sariawan. Cara memanfaatkannya bisa Anda jadikan sebagai pasta, dengan cara mencampurkan backing soda dengan garam dan tambahkan dengan sedikit air. Setelah itu oleskan pada luka sariawan dan diamkan beberapa menit, lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

Baca juga manfaat baking soda untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah

Kunyit

Tanaman tradisional yang satu ini memang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit salah satunya adalah mengatasi sariawan. Caranya dengan membuat pasta kunyit, langkah pembuatannya cukup mudah diantaranya haluskan kunyit lalu campurkan satu sendok the gliserin. Setelah itu, oleskan pada bagian luar sariawan dan lakukan setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengonsumsi Buah-buahan

Selanjutnya adalah Anda juga bisa mengonsumsi buah-buhan yang memiliki kandungan vitamin C. Seperti misalnya buah jeruk, tomat, mangga dan masih banyak lagi lainnya. Karena pada dasarnya sariawan terjadi juga akibat karena kekurangan vitamin C dalam tubuh, maka oleh sebab itu cukupilah asupan vitamin C dalam tubuh Anda secara maksimal.

Menggunakan Obat Parasetamol

Cara selanjutnya untuk mengatasi penyakit sariawan, selain menggunakan obat sariawan tradisiona; Anda juga bisa menggunakan obat-obatan jenis parasetamol atau asam mefenamat. Obat ini bisa Anda dapatkan di apotik terdekat, tapi untuk cara ini bisa Anda lakukan setelah ketiga cara di atas tidak berhasil.

Menggunakan Madu

Berikutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan bahan alami yang paling ampuh untuk mengatasi sariawan. Caranya pun sangat mudah oleskan madu pada bagian bibir yang mengalami sariawan hingga merata. Menggunakan madu merupakan cara aman dan efektif untuk mengatasi sariawan tanpa efek samping.

Mengonsumsi Buah Tomat

Sama halnya dengan madu, tomat juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk mengatasi sariawan. Cara memanfaatkan buah tomat sebagai obat sariawan alami paling mujarab pun sangat mudah, Anda bisa mengoleskan irisan buah tomat, mengonsumsinya secara langsung ataupun dijadikan sebagai jus tomat.

Cara Mencegah Sariawan

Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut

Yang pertama adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab timbulnya sariawan adalah karena adanya kuman dan bakteri pada gigi ataupun mulut. Oleh karena itu untuk mencegah sariawan sebaiknya Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kurangi mengonsumsi makanan pedas

Sebenarnya makanan pedas bisa mengatasi seseorang yang menderita sariawan. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan pedas dapat membuat sariawan menjadi lebih parah. Namun  tak hanya itu saja, mengonsumsi makanan pedas yang berlebih juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti asam lambung. Bagi Anda yang penyuka pedas sebaiknya Anda menghindari makanan yang satu ini.

Pilihlah sikat gigi yang tepat

Sariawan juga dapat disebabkan karea kesalahan dalam menggosok gigi misalnya saja mulut dan gusi mengalami iritasi ketika sedang menggosok gigi dengan cepat. Oleh karena itu pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan kontur mulut Anda. Cara ini merupakan cara paling efektif untuk mencegah sariawan.

Mengonsumsi buah secara teratur

Selain sayur, buah juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsilah buah kaya vitamin C agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga kesehatannya. Sumber vitamin C terbaik yang dapat dikonsumsi adalah buah jeruk, jambu, kiwi, stroberi dan lainnya.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai obat sariawan alami dan paling ampuh yang harus Anda ketahui.

Baca juga artikel mengenai Cara ampuh mengatasi panas dalam.

loading...
obat sariawan yang manjur - obat sariawan paling ampuh - obat sariawan yang ampuh - obat sariawan ampuh - obat ampuh sariawan - obat sariawan paling ampuh sedunia - obat sariyawan yang bagus - Obat sariyawan alami paling ampuh - obat sariawan alami mujarab - obat sariawan manjurr - obat sariawan - obat sariawan yang paling ampuh - obat manjur untuk sariawan - obat sariawan paling manjur - Obt sariawan manjur -