Obat Tradisional Chikungunya

By Categories : Obat

Penyakit chikungunya merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti. Nama penyakit chikungunya ini berasal dari bahasa swahili yang memiliki arti melengkung, hal ini dikarenakan tubuh penderita penyakit chikungunya ini akan menjadi melengkung atau membungkuk jika tidak ditangani dengan cepat. Adapun penyebab penderita mengalami kondisi tersebut dikarenakan penderita mengalami sakit persendian yang sangat hebat terutama pada bagian ujung jaki, jari, lutut, pergelangan tangan dan bagian tulang belakang.

Obat Tradisional Chikungunya

Penyakit ini emang terlihat sama seperti penyakit demam berdarah namun jika kita bisa perhatikan lebih detail tentu saja berbeda. Bagi penderita penyakit chikungunya akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut diantaranya :

  • Gejala pertama yang akan dialami oleh penderita adalah kulit akan mengalami ruam-ruam merah dan terasa nyeri.
  • Tubuh menjadi demam dan nyeri
  • Mudah sakit kepala
  • Pendarahan pada gusi
  • Kejang jika demam sudah terlalu tinggi

Untuk pengobatan penyakit chikunganya saat ini hanya sebatas pereda deman dan nyeri saja. Karena  untuk obat pembasmi penyakit chikungunya belum ditemukan, hanya saja pengobatan medis merupakan obat simptomatik. Artinya obat yang diberikan hanya meredakan gejala yang ditimbulkan dari chikungunya.

Menurut sebuah penelitian dari Malaysia Dietery Supplement dan Sunday times India menyebutkan bahwa air kelapa sangat baik untuk penderita. Meskipun riset ini belum diketahui secara mendalam tapi air kelapa tetap dipercaya dapat mengatasi penyakit chikungunya karena mengandung antibiotik yang berfungsi untuk melakukan detoktifikasi hati yang dapat mengendalikan suhu dalam tubuh.

Selain menggunakan air kelapa muda, obat tradisional chikungunya juga dapat menggunakan jahe merah  dan jintan hitam. Kedua bahan ini memang belum dikenal sebagai obat tradisional pada umumnya, namun setelah dilakukan penelitian kedua bahan ini dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit chikungunya. Adapun peranan dari kedua bahan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Jahe merah memiliki manfaat untuk meredakan rasa panas dalam tubuh yang disebabkan oleh virus dari chikungunya sekaligus dapat menghilangkan rasa nyeri sendi dan otot.
  • Jintan hitam dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka dengan kondisi kekebalan tubuh yang kuat memiliki manfaat untuk mencegah persebaran virus chikungunya di dalam tubuh dan membuat proses penyembuhan pun lebih cepat.

Nah itulah jenis obat tradisional chikungunya yang bisa Anda ketahui. Obat tradisional tersebut lebih baik untuk dikonsumsi dari pada menggunakan penggobatan kimia karena tidak memiliki efek samping bagi kesehatan. Tapi satu hal yang harus Anda tahu, bahwa keberhasilan pencegahan penyakit chikungunya ini tergantung juga dari pola hidup sehat. Seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.

obat tradisional chikungunya - obat cikungunya - obat chikungunya - obat chikungunya yang ampuh - obat herbal chikungunya - obat penyakit chikungunya - obat herbal cikungunya - obat chikungunya alami - pengobatan chikungunya - obat chikungunya tradisional - obat alami cikungunya - obat tradisional cikungunya - obat alami chikungunya - cikumunya - Untuk pengobatan cikumunya -