Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Paling Ampuh dan Terpercaya

By Categories : Obat

Obat tradisional susah buang air besar sebenarnya ada banyak sekali. Hanya saja tidak semua orang cocok mengonsumsi obat tersebut. Bagi seseorang yang sedang mengalami masalah pencernaan, hal ini tentu saja paling banyak dicari. Nah bagi Anda yang sedang mengalami kondisi ini berikut adalah beberapa obat sembelit alami yang dapat Anda coba.

Susah buang air besar atau yang biasa disebut dengan sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang. Jika tidak segera diatasi masalah kesehatan yang satu ini tentu saja sangat menganggu, karena dapat membuat perut menjadi begah, kembung dan tidak nyaman. Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan sembelit atau susah buang air besar, seperti kurang mengonsumsi makanan berserat, pola makan yang tidak teratur, kurang asupan air hingga makan tergesa-gesa.obat tradisional susah buang air besar paling ampuh

Membiarkan dan menyepelekan masalah sembelit tentunya bukan hal yang tepat. Meskipun bukan termasuk permasalah yang besar, namun jika dibiarkan dan tidak segera diatasi masalah ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti wasir atau ambein dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dalam mengatasi masalah ini sebagian besar orang masih menggunakan obat pencahar.

Akan tetapi menggunakan obat pencahar yang tidak sesuai dengan dosis justru dapat menyebabkan diare. Jika hal ini terjadi cairan dalam tubuh akan kurang. Lantas apakah ada cara aman untuk mengatasinya? Tenang, tak perlu khawatir selain mencukupi asupan air dan serat ada beberapa obat alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Apa saja obat alami tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Inilah Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Paling Mujarab dan Recomended

Lidah Buaya dan Madu

Tak hanya berguna untuk mengobati herpes ataupun untuk merawat rambut, ternyata lidah buaya juga dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Salah satu manfaatnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Cara membuatnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan daun lidah buaya setengah batang, satu sendok makan madu dan air mendidih.

Baca juga tips melancarkan buang air besar

Setelah semua bahan siap, kupas lidah buaya dan cuci hingga bersih. Lalu iris kecil-kecil dan seduh dengan menggunakan air mendidih. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa mencampurkan madu ataupun gula. Setelah itu aduk hingga rata dan minum dalam keadaan hangat. Minumlah ramuan ini secara teratur agar pencernaan Anda pun lancar.

Buah Pepaya

Yang kedua adalah dengan menggunakan buah pepaya. Buah pepaya memang dikenal sebagai buah yang kaya akan serat, maka jangan heran jika buah ini seringkali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tak hanya untuk melancarkan buang air besar, buah ini juga kaya vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus. Ketika mengolahnya menjadi jus, Anda bisa mencampurkannya dengan buah nanas agar hasil lebih optimal. Minumlah jus ini satu jam sesudah makan ataupun satu jam sebelum makan.

Perbanyak Air Minum

Obat tradisional buang air besar selanjutnya adalah dengan memperbanyak air minum. Meskipun terkesan mudah, namun tak banyak orang yang melakukannya. Kebanyakan orang hanya akan minum ketika ia merasa haus. Padahal minum air putih kaya akan manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk melancarkan buang air besar.

Cairan dibutuhkan untuk membuat konsistensi feses menjadi lunak dan mudah dikeluarkan. Seseorang yang kurang serat dan kurang air fesesnya akan mengeras dan sulit untuk keluar. Hal ini sering kali disebut dengan konstipasi.obat tradisional susah buang air besar

Akar Bunga Matahari

Berikutnya adalah dengan menggunakan akar bunga matahari. Tak hanya bijinya saja yang bermanfaat dan sering dibuat sebagai kuaci, akar bunga matahari juga kaya akan manfaat. Untuk menggunakannya sebagai obat pencahar alami caranya pun sangat mudah.

Yaitu siapkan akar bunga matahari sebanyak 15 hingga 30 gram dan air yang cukup untuk merebusnya. Sebelum merebusnya pastikan akar bunga matahari sudah dicuci sampai bersih. Setelah itu Anda bisa merebusnya hingga mendidih dan airnya tersisa sedikit. Minumlah selagi hangat.

Daun Jambu Biji Muda dan Kulit Batang Pulosari

Yang terakhir adalah dengan menggunakan daun jambu biji muda dan kulit batang pulosari. Bahan-bahan yang perlu disediakan adalah daun jambu biji muda tiga lembar, setengah jari kulit batang pulosari dan tiga butir adas.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Cuci bahan-bahan tersebut hingga bersih lalu rebus sampai mendidih. Diamkan sampai airnya menjadi satu gelas, setelah itu Anda bisa mengangkatnya dan menyaringnya. Minumlah ramuan ini satu kali sehari sebanyak satu gelas.

Baca juga cara mengatasi sembelit secara alami dan pencegahannya

Demikianlah ulasan mengenai obat tradisional susah buang air besar paling ampuh dan terpercaya yang dapat Anda coba.

Loading...
obat herbal susah BAB - obat alami susah bab - obat susah bab tradisional - obat tradisional susah bab - obat tradisional sembelit susah buang air besar - obat alami susah buang air besar - obat herbal susah buang air besar - obat alami bab - obat bab - obat untuk susah buang air besar - ramuan untuk melancarkan bab - obat bab alami - ramuan susah buang air besar - mengatasi susah buang air besar secara alami - cara mengobati susah buang air besar -