Obat Tradisional untuk Penyakit Maag

By Categories : Obat

Maag merupakan salah satu penyakit lambung yang dapat menimbulkan rasa mual dan nyeri pada perut yang dekat dengan ulu hati. Penyakit ini biasanya sering diderita oleh seseorang yang sering telat makan dan seseorang yang memiliki jadwal makan tidak teratur dan biasanya penyakit ini sering dianggap sepele oleh penderinya. Namun tahukah Anda seseorang yang mengalami maag akut dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

obat tradisional penyakit maag

Selain menggunakan obat yang dijual di pasaran, Anda pun dapat mengatasi maag dengan cara membuat sendiri obat herbal atau tradisional yang bisa Anda dapatkan dari tanaman obat di sekitar rumah Anda. Nah berikut adalah obat tradisional untuk penyakit maag yang dapat Anda coba.

Cara mengatasi maag secara alami

Temulawak

Obat tradisional untuk penyakit maag yang pertama adalah temulawak. Tidak dapat dipungkuri lagi bahwa temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. salah satunya yaitu maag. Cara membuat ramuannya pun mudah yaitu ambillah beberapa rimpang temulawak kemudian iris tipis dan anginkan. Setelah itu Anda dapat merebusnya dengan menggunakan 5 hingga 7 gelas air hingga mendidih. Saring dan dinginkan, kemudian minum satu gelas ramuan tersebut dalam setiap harinya.

Kunyit

Menurut hasil penelitian, salah satu bumbu dapur ini memiliki khasiat dalam menurukan gangguan pada tukak lambung dan secara bertahap kunyit mampu menyembuhkan maag. Caranya, siapkan dua batang kunyit yang sebelumnya sudah dibersihkan. Parut dan peras kunyit layaknya memeras kelapa. Kemudian minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari. Meskipun memiliki rasa yang tidak enak, ramuan ini dapat memberikan efek baik bagi kesehatan Anda.

Kacang kedelai

Obat tradisional untuk penyakit maag selanjutnya adalah menggunakan kacang kedelai. Selain dapat dikonsumsi sebagai susu kedelai, Anda pun dapat membuat ramuan dari jenis kacang yang satu ini untuk mengatasi maag. Caranya, siapkan kacang kedelai secukupnya kemudian sangrai kacang tersebut tanpa minyak. Tumbuk hingga halus, dan Anda pun dapat meminumnya dengan cara menyeduhnya. Dibandingkan dengan obat tradisional lainnya, kacang kedelai merupakan obat tradisional maag yang paling diminati karena memiliki rasa yang lebih enak.

Daun jambu biji

Tak hanya buahnya saja yang mampu mengobati demam berdarah, manfaat daun jambu biji memiliki khasiat untuk menyembuhkan maag. Caranya, ambillah beberapa lembar daun jambu biji yang masih segar kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, rebuslah daun tersebut dengan menggunakan 1,5 liter air hingga mendidih. Saring dan minumlah ramuan tersebut ketika sudah dingin. Untuk hasil yang maksimal, minumlah ramuan ini secara rutin yaitu tiga kali sehari pada pagi, siang dan malam sebelum tidur.

Nah itulah beberapa obat tradisional untuk penyakit maag yang dapat Anda coba.

obat gatal kulit karena alergi - obat batuk herbal untuk bayi dan balita -