Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Berikut Wajib Anda Ketahui!

By Categories : Penyakit

Pantangan asam urat dan kolesterol memang hampir sama, penyakit asam urat memang kerap kali dikaitkan dengan kolesterol. Pasalnya, kedua penyakit ini berhubungan dengan makanan yang diasup oleh tubuh.

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang yang berusia diatas 30 tahun. Walaupun begitu, penyakit ini tidak dapat disepelekan atau diremehkan begitu saja. Asam urat bukanlah penyakit yang ringan, rasa sakit yang diberikan oleh penyakit ini bahkan sangat menyiksa saat sedang meradang. Oleh sebab itu, ada beberapa makanan yang dipantang untuk dikonsumsi.

Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

 

pantangan-asam-urat-dan-kolesterol

Makanan berikut tidak boleh dikonsumsi, hal ini dilakukan sebagai pencegahan dini agar penyakit asam urat tidak memberikan rasa sakit berlebihan. Dikenal sebagai penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, penyakit ini banyak memberikan rasa sakit yang sangat menyakitkan.

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kristal yang terdapat pada persendian yang terjadi karena kadar asam urat yang ada didalam tubuh terlalu banyak atau berlebihan. Banyak dokter yang menyarankan agar penderita asam urat juga memperhatikan asupan makanan agar kolesterol juga masih terjaga, pantangan asam urat dan kolesterol harus dihindari oleh penderita asam urat.

Berikut makanan yang merupakan pantangan bagi penderita asam urat:

– Jeroan : limpa, hati, otak, usus, paru dan ginjal.

– Daging  : daging kuda, daging sapi dan daging kambing.

– Seafood : cumi-cumi, kepiting, sotong, ikan sarden, tiram, kerang, remis, ikan teri dan udang.

– Ekstrak daging : abon dan dendeng daging.

– Bebek : angsa dan kalkun.

– Makanan kaleng : kornet, sarden dan lain-lain.

– Sayuran : jamur kuping, daun pepaya, buncis, bayam, daun singkong, kembang kol dan asparagus.

– Makanan gorengan : semua makanan yang digoreng, baik dengan minyak ataupun dengan margarin.

– Kacang-kacangan : kacang tanah, melinjo, kacang hijau, kacang kedelai (termasuk tempe, tahu, tauco dan oncom).

– Lainnya : kaldu, keju, kuah daging, es krim, telur dan air kelapa.

Dengan menghindari pantangan asam urat dan kolesterol tersebut, Anda dapat mencegah timbulnya rasa sakit yang sangat menyiksa. Rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat dapat berupa rasa nyeri, panas, persendian bengkak dan kaku dan terasa seperti meradang.

Bagi Anda yang masih bingung seperti apakah rasa sakit yang diberikan oleh penyakit asam urat atau apakah Anda menderita asam urat atau tidak, berikut adalah gejala yang ditimbulkan penyakit asam urat:

– Sendi terasa ngilu, linu dan sering merasa kesemutan, bahkan jika parah bagian yang terkena asam urat akan memerah dan membengkak.

– Saat pagi hari bangun tidur dan juga malam hari sebelum tidur sendi akan terasa nyeri.

– Sering kali merasakan nyeri secara berulang kali.

– Sendi yang diserang yaitu sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku, dengkul dan juga pergelangan tangan.

– Jika asam urat sudah parah maka persendian akan terasa sakit yang tidak tertahankan saat akan digerakkan.

Penyakit asam urat memang banyak diderita oleh orang yang berumur 30 tahun keatas, walaupun tidak menutup kemungkinan juga menyerang orang yang berusia dibawah 30 tahun. Dari seluruh penderita asam urat, separuh darinya mengalami masalah dengan kolesterol atau mengalami kegemukan. Jangan biarkan asam urat menghantui hidup Anda, sekian yang dapat disampaikan semoga sekilas mengenai pantangan asam urat dan kolesterol ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.