Pantangan Makanan Ibu Menyusui yang Perlu Dihindari Agar ASI Berkualitas

By Categories : Kesehatan

Pantangan makanan ibu menyusui merupakan salah satu makanan ataupun minuman yang harus dihindari oleh ibu menyusui. Nah bagi Anda yang baru saja melahirkan dan menyusui si kecil, artikel kali ini sangat berguna dan penting untuk diperhatikan. Sebab kali ini akan membahas mengenai beberapa makanan yang sebaiknya dihindari para ibu menyusui. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Setiap orang tua pastinya ingin memiliki buah hati yang sehat dan cerdas. Dan untuk mendapatkan hal tersebut bayi harus mendapatkan ASI yang cukup hingga ia berusia 2 tahun. Seperti yang kita ketahui ASI merupakan  salah satu asupan makanan yang penting untuk bayi. Tak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh saja, ASI juga sangat penting untuk memenuhi asupan gizi  serta dapat merangsang kinerja pencernaan si kecil.pantangan makanan ibu menyusui yang tepat agar asi berkualitas

Mengingat betapa pentingnya ASI bagi kesehatan si kecil. Oleh karena itu para ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk dirinya sendiri ataupun bayi yang dilahirkan. Ibu yang masih menyusui harus menyeleksi makanan apa saja yang dikonsumsi. Hal ini dikerenakan makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan dikeluarkan dalam bentuk ASI. Sehingga, segala kandungan gizi dan nutrisi makanan yang dikonsumsi akan diserap oleh bayi.

Hingga bayi berusia 6 bulan, ASI adalah satu-satunya asupan makanan yang diserap oleh bayi. Dan setelah 6 bulan bayi boleh mengonsumsi makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut dengan MPASI. Namun meskipun begitu, ibu menyusui juga tidak serta merta harus mengonsumsi makanan apa saja yang ada di depannya. Ada beberapa pantangan makanan yang juga harus dihindari. Apa saja pantangan makanan tersebut? Berikut ulasannya.

Daftar Pantangan Makanan Ibu Menyusui yang Perlu Dihindari

Minuman Berkafein

Yang pertama adalah minuman dan makanan yang mengandung kafein. Seperti yang kita ketahui, kafein yang terdapat pada makanan dan minuman biasanya dapat membuat kita terjaga. Tak hanya kita, ibu menyusui yang sering mengonsumsi makanan ini juga dapat berpengaruh terhadap pola tidur bayi. Sehingga bayi akan sering terjaga dan susah tidur.

Baca juga cara mudah meningkatkan produksi ASI ibu menyusui

Jika tidak segera dihentikan, susah tidur pada bayi tentu saja dapat berpengaruh terhadap kesehatannya. Kafein biasanya terkandung pada kopi, teh dan bahkan cokelat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut dan makanan lainnya yang mengandung kafein.

Hindari Makanan Pedas, Asam dan Pahit

Yang kedua adalah dengan menghindari makanan yang memiliki rasa ekstrim seperti makanan pedas, asam dan juga pahit. Mungkin hampir setiap orang sudah mengetahuinya, bahwa makanan pedas yang Anda konsumsi dapat memicu gangguan pencernaan pada bayi. Seperti perut kembung, diare, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan asam dan pahit. Karena makana tersebut dapat berpengaruh terhadap rasa ASI itu sendiri.

Makanan yang Merangsang Gas

Berikutnya adalah adalah menghindari makanan yang merangsang gas. Mengonsumsi makanan yang dapat merangsang gas tentu saja dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi. Beberapa makanan yang dapat memicu hal ini antara lain kol, kubis, brokoli dan juga paprika.

Sebaiknya Anda juga menghindari beberapa kacang-kacangan seperti kecang hitam, kacang merah. Karena jenis kacang-kacangan tersebut juga dapat menyebabkan kembung pada bayi.

Ikan Besar dan Kerang-kerangan

Pantangan makanan ibu menyusui selanjutnya adalah ikan besar dan kerang-kerangan. Ikan besar dan kerang-kerangan tinggi merkuri yang sangat berbahaya bagi otak bayi dan dapat mempengaruhi memori, kemampuan kognitif, keterampilan motorik, perhatian, keterampilan bahasa dan visual.pantangan makanan ibu menyusui

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari ikan besar seperti king makerel, ikan todak, udang, lobster dan juga kerang. Jika memang ada riwayat seafood pada keluarga, sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan laut. Sebab bayi Anda pun berisiko mengalami alergi yang sama.

Hindari Makanan yang dapat Menyebabkan Alergi

Berikutnya adalah menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan alergi dan menghindari makanan yang ibu sendiri alergi terhadap makanan tertentu. Dan sebaiknya pilihlah makanan sehat untuk ibu menyusui agar ASI lancar dan berkualitas seperti buah-buahan, sayuran, beras merah, daging tanpa lemak, ikan salmon dan jangan lupa untuk memenuhi asupan air putih yang cukup.

Cara Mengetahui Alergi

Untuk mengetahui apakan si kecil alergi dengan makanan tertentu, Anda bisa mengamati reaksi pada bayi yang terjadi. Umumnya reaksi tersebut akan timbul setelah beberapa jam atau hari setelah mengonsumsi makanan baru. Reaksi alergi pada bayi biasanya akan timbul dengan gejala yang tidak biasa dan tidak nyaman.

Hal ini tentu saja sangat penting untuk diketahui. Sebab Anda juga bisa mengetahui makanan apa saja yang dapat menyebabkan alergi pada si kecil.

Baca juga Daftar makanan untuk ibu menyusui yang tepat

Demikianlah ulasan mengenai pantangan makanan ibu menyusui yang harus dihindari agar ASI lebih berkualitas.

Loading...
pantangan makanan ibu menyusui - pantangan ibu menyusui - Pantangan makanan bagi ibu menyusui - makanan pantangan ibu menyusui - pantangan makanan untuk ibu menyusui ketika bayinya batuk - pantangan makanan ibu menyusui saat bayi batuk - makan apa yabg harus dihindari ibu menyusui juja anaknya batuk - pantangan makanan untuk ibu menyusui - Pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan - pantangan bagi ibu menyusui - larangan makanan untuk ibu menyusui - larangan makanan saat menyusui - makanan yang di larangan untuk ibu menyusui - makanan yang harus dihindari ibu menyusui ketika anak mengalami batuk pilek - makanan yang pantang untuk ibu menyusui -