Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

By Categories : Penyakit

Lambung merupakan salah satu alat pencernaan manusia yang berfungsi sebagai tempat di mana makanan dicerna dan juga sebagai tempat penyerapan sari-sari makanan. Seperti yang Anda ketahui salah satu penyakit yang sering menyerang organ yang satu ini adalah maag atau yang lebih dikenal sebagai asam lambung. Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) sendiri adalah penyakit yang umum terjadi pada setiap orang.

pantangan makanan untuk penderita asam lambung

Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung menuju esofagus. Sehingga hal ini menyebabkan rasa nyeri dan rasa terbakar pada dada. Selain mengonsumsi obat, sebaiknya Anda menghindari makanan- makanan ini untuk mencegah asam lambung naik kembali. Apa saja pantangan makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Minuman bersoda

Pantangan makanan untuk penderita asam lambung yang pertama adalah minuman bersoda. Minuman bersoda memanglah salah satu minuman yang sangat nikmat jika dikonsumsi saat cuaca sedang terik. Akan tetapi mengonsumsi minuman ini secara terus menerus dengan dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan salah satunya yaitu asam lambung. Efek yang akan ditimbulkan dari minuman berkarbonasi ini adalah perut kembung dan juga tidak nyaman. Tak hanya itu saja, kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda juga dapat memicu obesitas.

Buah-buahan dan sayuran

Yang kedua adalah buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan salah satu makanan yang dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi oleh seseorang yang menderita asam lambung. Buah dan sayur seperti kedondong, pisang ambon, nangka, buah yang dikeringkan, sawi dan juga kol sebaiknya Anda hindari. Hal ini dikarenakan makanan tersebut kaya akan gas yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Makanan berlemak

Makanan yang harus Anda hindari selanjutnya adalah makanan berlemak. Selain dapat menyebabkan berat badan naik dan kolesterol, makanan berlemak juga dapat memicu naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan makanan berlemak adalah salah satu jenis makanan yang sulit dicerna oleh tubuh yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan pada lambung yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar asam di dalam lambung. Selain makanan berlemak, makanan lainnya yang sebaiknya Anda hindari adalah kue tart, keju, cokelat dan juga gorengan.

Makanan pedas

Siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini? Hampir setiap orang menyukai makanan pedas. Akan tetapi tidak dapat dipungkuri bahwa makanan pedas merupakan salah satu pantangan makanan untuk penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan makanan pedas yang Anda konsumsi dapat secara langsung merusak dinding lambung Anda.

Nah itulah beberapa pantangan makanan untuk penderita asam lambung. Baca juga artikel terkait Obat tradisional asam lambung naik.

makanan untuk penderita asam lambung - pantangan asam lambung - makanan untuk penderita asam lambung tinggi - larangan bagi penderita asam lambung - makanan yang baik untuk penderita asam lambung - sayur asem untuk asam lambung - penyakit lambung makanan apa saja yang harus di hindari - penderita asam lambung apa boleh makan sayur jesin - pantangan ora yang sakit asam lambung - pantangan makan sakit asam lambung - Makanan yg hrus di bgi penderita asam lambung naik - makanan apa saja yang tidak boleh dimakan untuk penderita lambung dan paru paru -